PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Savitri, Novia Diah (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (822Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Novia Diah Savitri. K7113156. Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun melalui Penerapan Model Experiential Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri di Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2017. Tujuan penelitian ini yaitu:(1) meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV SD Negeri di Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2016/2017, dan (2) mendeskripsikan penerapan model Experiential Learning dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV SD Negeri di Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri di Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik validitas data penelitian ini adalah validitas isi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif (Miles& Huberman) yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Experiential Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV SD Negeri di Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan keterampilan menulis pantun siswa pada setiap siklusnya. Persentase ketuntasan keterampilan menulis pantun siswa pada prasiklus adalah 26,1% atau 6 dari 23 siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 73,91% atau 17 dari 23 siswa mencapai KKM. Pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 95,65% atau 22 dari 23 siswa mencapai KKM. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Experiential Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa kelas IV SD Negeri di Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2016/2017. Penerapan model Experiential Learning sesuai dengan kerangka teoritis yang dilakukan selama dua siklus dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa kelas IV SD Negeri di Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Experiential Learning, Keterampilan Menulis, Pantun ABSTRACT Novia Diah Savitri. K7113156.The Improvement of Writing Skill through The Application of Experiential Learning Model in The Fourth Grade Students of State Primary School Purworejo at 2016/2017 Academic Year. Minithesis, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, Juny 2017. The purpose of the research are (1) to improve the writing skill of pantun by applying Experiential Learning model on the fourth grade of State Primary School Purworejo at 2016/2017 Academic Year, and (2) to describe applying Experiential Learning model to improve the writing skill of pantun by applying Experiential Learning model on the fourth grade State Primary School of Kabupaten Purworejo at 2016/2017 Academic Year. The type of this research is classroom action research (CAR), it consists of two cycles. Each cycles consist of four phases, they are planning, action, observation, and reflection. The subject of this research are the teacher and students in fourth grade of State Primary School Purworejo at 2016/2017 Academic Year consist of 23 students. The data collecting techniques are interview, observation, documentation, and test.The data validity technique of this research is content validity. The data analysis technique is interactive analysis model (Miles & Huberman), it consists of four components, they are data collection, data reduction, data display, and conclucion drawing or verification. The result of this research, shows that the application of Experiential Learning models that can improve the writing skill of pantun in the fourth grade students of State Primary School Purworejo at 2016/2017 academic year. It can be proved by the increasing of the writing pantun skill for each cycle. The percentage of completeness is 26,1% or 6 of 23 students achieved KKM. At the first cycle the percentage of completeness is 73,91% or 17 of 23 students achieved KKM. At the second cycle the percentage of completeness is 95,65% or 22 of 23 students achieved KKM. The conclusions of the research were applying Experiential Learning model could improve the writing skill of pantun by applying Experiential Learning model on the fourth grade of State Primary School in Kabupaten Purworejo at academic year 2016/2017. Applying Experiential Learning model appropritate with the teoritical study that has been done for two cycles could improve the skill of writing pantun by applying Experiential Learning model on the fourth grade of State Primary School in Kabupaten Purworejo at academic year 2016/2017. Keywords : Experiential Learning, Writing Skill, Pantun

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 11 Oct 2017 00:07
    Last Modified: 11 Oct 2017 00:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34774

    Actions (login required)

    View Item