PENGARUH IKLAN PARTAI POLITIK PERINO (PESATUAN INDONESIA) DI TELEVISI TERHADAP PERSEPSI PEMILIH PEMULA (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Iklan Partai Politik Perindo (Persatuan Indonesia) di Televisi terhadap Persepsi Pemilih Pemula di SMA N 2 Surakarta)

DANANJAYA, ADITYA (2017) PENGARUH IKLAN PARTAI POLITIK PERINO (PESATUAN INDONESIA) DI TELEVISI TERHADAP PERSEPSI PEMILIH PEMULA (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Iklan Partai Politik Perindo (Persatuan Indonesia) di Televisi terhadap Persepsi Pemilih Pemula di SMA N 2 Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (414Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (351Kb)

      Abstract

      PENGARUH IKLAN PARTAI POLITIK PERINDO (PERSATUAN INDONESIA) DI TELEVISI TERHADAP PERSEPSI PEMILIH PEMULA (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Iklan Partai Politik Perindo (Persatuam Indonesia) di Televisi terhadap Persepsi Pemilih Pemula di SMA Negeri 2 Surakarta). Skripsi ini di bawah bimbingan Drs. Haryanto, M.Lib. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pemilu maupun Pilkada merupakan sarana demokrasi yang telah digunakan di berbagai negara. Kelompok pemilih pemula adalah pemilih yang belum mempunyai jangkauan politik yang cukup kuat namun memiliki potensi yang besar untuk memberikan suara dalam pemilu atau pilkada. Partai Politik Perindo (Persatuan Indonesia) sebagai partai pendatang baru berupaya mempengaruhi persepsi guna meningkatkan ketertarikan pemilih pemula melalui iklan di televisi dalam upaya menjaring suara guna memenangkan perhelatan pemilu atau pilkada yang akan digelar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh iklan partai politik Perindo di televisi terhadap persepsi pemilih pemula di SMAN 2 Surakarta serta untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan keluarga dan sosial terhadap hubungan iklan partai politik Perindo di televisi dan persepsi pemilih pemula di SMAN 2 Surakarta. Penelitian ini menggunakan teori message receptions yakni teori yang menyatakan pada dasarnya khalayak aktif meresepsi dan tidak dapat lepas dari pandangan moralnya, baik pada taraf mengamati, meresepsi atau dalam membuat kesimpulan, Dalam teori ini terdapat jenjang atau kunci yang digunakan agar pemaknaan audience dapat dijelaskan, yakni terdapat tiga posisi: Accepting atau dominant, Negotiated, dan Oppositional Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan random sampling terhadap siswa/ siswi kelas 3 di SMAN 2 Surakarta dengan ciri-ciri berusia minimal 17 tahun, belum pernah memiliki pengalaman dalam memberikan hak suaranya dalam pemilu ataupun pilkada, dan pernah melihat iklan partai perindo di televisi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Partai Politik Perindo di televisi memberikan pengaruh sebesar 8,8% terhadap persepsi pemilih pemula di SMA N 2 Surakarta serta variabel moderasi yang dimunculkan yakni lingkungan keluarga dan lingkungan sosial tidak cukup terbukti untuk mampu memberikan efek penguatan atau pelemahan terhadap persepsi pemilih pemula setelah diterpa iklan Partai Politik Perindo. Keywords : Pengaruh iklan, partai politik, pemilih pemula

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
      Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 10 Oct 2017 15:55
      Last Modified: 10 Oct 2017 15:55
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34734

      Actions (login required)

      View Item