Pengaruh Model Problem-based Learning disertai Picture Book terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa

MARIYANA, MARIYANA (2017) Pengaruh Model Problem-based Learning disertai Picture Book terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (254Kb)

    Abstract

    Mariyana. K4312039. PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DISERTAI PICTURE BOOK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Skripsi. Surakarta: Progam Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Juni 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning disertai Picture Book terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa yang meliputi keterampilan merangkai alat percobaan, keterampilan menggunakan alat percobaan, keterampilan mengamati dan keterampilan komunikasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2017 di SMA Negeri 1 Kartasura. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (metode eksperimen semu), dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI semester II SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 155 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Terdapat dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI IA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa yang menerapkan model pembelajaran studi kasus sederhana didukung gambar yang relevan dan kelas XI IA 5 sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 siswa yang menerapkan model Problem-based Learning disertai Picture Book. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknis tes digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar aspek kognitif. Teknik non-tes digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains siswa melalui pengamatan langsung dan hasil belajar aspek afektif siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t (t-test) dengan bantuan software SPSS versi 18 pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian mengenai aspek KPS yang diamati mengalami peningkatan, yaitu: 1) keterampilan merangkai alat percobaan mengalami peningkatan sebesar 0.52 pada kelas eksperimen dan 0.57 pada kelas kontrol; 2) keterampilan menggunakan alat percobaan mengalami peningkatan sebesar 0.58 pada kelas eksperimen dan 0.39 pada kelas kontrol; 3) keterampilan mengamati mengalami peningkatan sebesar 0.55 pada kelas eksperimen dan 0.49 pada kelas kontrol; dan 4) keterampilan komunikasi mengalami peningkatan sebesar 0.55 pada kelas eksperimen dan 0.14 pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem-based Learning disertai Picture Book berpengaruh signifikan (Sig. 0.000 < 0.05) terhadap keterampilan proses sains siswa. Kata kunci: model problem-based learning, picture book, keterampilan proses sains.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 10 Oct 2017 15:02
    Last Modified: 10 Oct 2017 15:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34731

    Actions (login required)

    View Item