Penggunaan Pendekatan Saintifik dalam Peningkatan Pembelajaran IPA tentang Gaya pada Siswa Kelas VB SD Negeri Gesikan Tahun Ajaran 2016/2017

Ayutamas, Lynuwih (2017) Penggunaan Pendekatan Saintifik dalam Peningkatan Pembelajaran IPA tentang Gaya pada Siswa Kelas VB SD Negeri Gesikan Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (408Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Lynuwih Ayutamas. PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI GESIKAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2017. Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan pendekatan saintifik, (2) meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya pada siswa kelas VB, dan (3) menemukan kendala dan solusi dalam penggunaan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Gesikan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi berupa triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas VB dan guru kelas VB SD Negeri Gesikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan nontes. Tes berupa soal-soal evaluasi sementara nontes berupa observasi dan wawancara. Alat pengumpulan data berupa tes hasil belajar, lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan pendekatan saintifik terdiri dari lima langkah, yaitu: (a) siswa mengamati fenomena alam; (b) guru dan siswa menanya yang berkaitan dengan fenomena alam; (c) guru membimbing siswa dalam mencoba untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan fenomena alam; (d) guru membimbing siswa dalam menalar/mengolah informasi yang berkaitan dengan fenomena alam; (e) siswa mengkomunikasikan yang berkaitan dengan fenomena alam; (2) Penggunaan pendekatan saintifik yang dilaksanakan dengan langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya pada siswa kelas VB. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan pembelajaran pada masing-masing siklus. Ketuntasan pembelajaran IPA tentang gaya pada siklus I yaitu 79,54% dengan rata-rata 79,42, pada siklus II yaitu 88,63% dengan rata-rata 83,17 dan siklus III yaitu 93,17% dengan rata-rata 84,20; (3) Kendala utama dalam pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan saintifik ini adalah siswa tidak bertanya karena guru belum memotivasi siswa untuk berani bertanya. Solusinya disarankan supaya guru memberikan motivasi pada siswa agar berani untuk bertanya dan memberikan reward bagi siswa yang mau bertanya. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan pendekatan saintifik yang dilaksanakan sesuai dengan langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya pada siswa kelas VB SD Negeri Gesikan tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Saintifik, Pembelajaran IPA ABSTRACT Lynuwih Ayutamas. THE USE OF SCIENTIFIC APPROACH USING CONCRETE MEDIA IN IMPROVING THE LEARNING OF IPA ABOUT FORCE FOR THE FIFTH B GRADE STUDENTS OF SD NEGERI GESIKAN IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017.Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta.May, 2017. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the use of scientific approach using concrete media, (2) to improve the learning of IPA about force for the fifth b grade, and (3) to describe problems and solutions on the use of scientific approach using concrete media in improving the learning of IPA about force for the fifth B grade students of SD Negeri Gesikan in the academic year of 2016/2017. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles; six meetings each. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 23 students; 10 male and 13 female; of the fifth B grade of SD Negeri Gesikan. Sources of data were derived from students, teacher, and observer. Techniques of collecting data were learning outcomes test, observation, interview, and documentation. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using quantitative and qualitative descriptiveanalysis consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research show that: (1) the steps on the use of scientific approach using concrete media, namely: (a) observing using concrete media, (b) asking using concrete media, (c) trying using concrete media, (d) associating using concrete media, and (e) communicating using concrete media; (2) the use of scientific approach using concrete media can improve the learning of the learning of IPA about force for the fifth B grade students of SD Negeri Gesikan in the academic year of 2016/2017. It was proven by the increase of learning outcomes in the first cycle 79,54% by the average score 79,42, in the second cycle 88,63% by the average score 83,17, and in the third cycle 93,17% by the average score 84,20; (3) the problems encountered in the learning was students was afraid to ask question because teacher did not motivate them to ask. Solution for this problem is teacher motivates them to ask and gives reward. The conclusion of this research is the use of scientific approach using concrete media can improve the learning of the learning of IPA about force for the fifth B grade students of SD Negeri Gesikan in the academic year of 2016/2017. Keywords: Scientific Approach, Concrete Media, the learning of IPA

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 10 Oct 2017 14:30
    Last Modified: 10 Oct 2017 14:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34724

    Actions (login required)

    View Item