PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 ADIKARSO TAHUN AJARAN 2016/2017

PRADITA, LULU (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 ADIKARSO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1017Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Lulu Pradita. PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 ADIKARSO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2017 Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret, (2) meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Adikarso tahun ajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pendekatan saintifik dengan media konkret sudah dilaksanakan sesuai langkah-langkah yaitu mengamati media konkret, menanya media konkret, mencoba dengan media konkret, menalar, dan mengomunikasikan dengan media konkret, (2) penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Adikarso Tahun Ajaran 2016/2017, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I = 86,36%, siklus II = 88,64%, dan pada siklus III = 93,18%, dan (3) kendala yang dihadapi yaitu: (a) guru kurang memberikan motivasi kepada siswa untuk bertanya, (b) guru sering menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan, (c) guru kurang jelas dalam memberikan petunjuk penggunaan media, dan (d) guru kurang membimbing siswa untuk cekatan pada saat diskusi. Berdasarkan kendalakendala tersebut, maka diperoleh solusi: (a) guru memberikan motivasi kepada siswa agar berani bertanya, (b) guru memberikan pertanyaan pancingan kepada siswa dan memberikan kesempatan siswa untuk menjawab pertanyaan tanpa ditunjuk, (c) guru tidak hanya satu kali dalam memberikan petunjuk penggunaan media, dan (d) guru membimbing siswa untuk cekatan pada saat diskusi dengan cara selalu memantau kegiatan diskusi siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Adikarso Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Saintifik, Media Konkret, Matematika ABSTRACT Lulu Pradita. THE USE OF SCIENTIFIC APPROACH USING CONCRETE MEDIA IN IMPROVING THE LEARNING OF MATHEMATICS ABOUT FRACTION FOR THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 1 ADIKARSO IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017.Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta. June, 2017. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the use of scientific approach using concrete media, (2) to improve the learning of mathematics about fraction for the fifth grade students, and (3) to describe problems and solutions on the use of scientific approach using concrete media in improving the learning of mathematics about fraction for the fifth grade students of SD Negeri 1 Adikarso in the academic year of 2016/2017. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Sources of data were derived from students, teacher, and observer. Techniques of collecting data were learning outcomes test, observation, Ana interview. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using quantitative and qualitative descriptiveanalysis consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research show that: (1) the steps on the use of scientific approach using concrete media, namely: (a) observing concrete media, (b) asking concrete media, (c) trying using concrete media, (d) associating, and (e) communicating using concrete media (2) the use of scientific approach using concrete media can improve the learning of mathematics about fraction for the fifth grade students of SD Negeri 1 Adikarso in the academic year of 2016/2017. It was proven by the increase of learning outcomes in the first cycle 86,36%, in the second cycle 88,64%, and in the third cycle 93,18%; and (3) the problems encountered in the learning, namely: (a) teacher did not motivate students to ask, (b) teacher gives bait question to students and gives them opportunity to answer with no pointing way, (c) teacher gives the instruction on how to use the media multiple time, and (d) teacher insufficiently guided students to be more swift. Solutions for these problems are: (a) teacher motivates students to ask, (b) teacher pointed students to give questions, (c) teacher was unclearly giving the instruction on how to use the media, and (d) teacher sufficiently guided students to be more active and swift. The conclusion of this research is the use of scientific approach using concrete media can improve the learning of mathematics about fraction for the fifth grade students of SD Negeri 1 Adikarso in the academic year of 2016/2017. Keywords: Scientific, Concrete Media, Mathematics

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 10 Oct 2017 14:21
    Last Modified: 10 Oct 2017 14:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34722

    Actions (login required)

    View Item