ISTILAH-ISTILAH SESAJI DALAM UPACARA MAPAK TANGGAL 1 SURA DI DUKUH KAJEN DESA GUWOKAJEN KECAMATAN SAWIT KABUPATEN BOYOLALI (SUATU KAJIAN ETNOLINGUISTIK)

N, Lolita Metti Dwi Anggriani (2017) ISTILAH-ISTILAH SESAJI DALAM UPACARA MAPAK TANGGAL 1 SURA DI DUKUH KAJEN DESA GUWOKAJEN KECAMATAN SAWIT KABUPATEN BOYOLALI (SUATU KAJIAN ETNOLINGUISTIK). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (815Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Lolita Metti Dwi Anggriani Nasution, C0112033. 2017. Istilah-istilah Sesaji dalam Upacara Mapak Tanggal 1 Suradi dukuh Kajen desa Guwokajen kecamatan Sawit kabupaten Boyolali (Suatu Kajian Etnolinguistik). Skripsi: Prodi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. BAB yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah bentuk istilah-istilah sesaji dalam upacara Mapak Tanggal1 Sura di Dukuh Kajen Desa Guwokajen Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali? (2) apa sajakah makna istilah-istilah sesaji dalam upacara Mapak Tanggal1 Sura di Dukuh Kajen Desa Guwokajen Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali? (3) bagaimanakah perkembangan istilah-istilah sesaji dalam upacara Mapak Tanggal1 Sura di Dukuh Kajen Desa Guwokajen Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali? Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk istilah-istilah sesaji dalam upacara Mapak Tanggal 1 Suradi Dukuh Kajen Desa Guwokajen Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali,(2) mendeskripsikan makna istilah-istilah sesaji dalam upacara Mapak Tanggal 1 Sura di Dukuh Kajen Desa Guwokajen Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali,(3) mendeskripsikan perkembangan istilah-istilah sesaji dalam upacara Mapak Tanggaldi Dukuh Kajen Desa Guwokajen Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penggambaran secara alamiah yang tidak menggunakan data statistik atau angka, karena data yang dikumpulkan berupa fakta kebahasaan. Lokasi penelitian di Dukuh Kajen Desa Guwokajen Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Data penelitian ini berupa data lisan. Sumber data lisan berasal dari informan yang mengetahui upacara Mapak Tanggal. Metode pengumpulan data meliputi teknik rekam, teknik catat, teknik pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah metode distribusional yang digunakan untuk menganalisis bentuk istilah-istilah sesaji dalam upacara Mapak Tanggal 1 Suradengan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL), dan metode padan yang digunakan untuk menganalisis makna istilah-istilah sesaji dalam upacara Mapak Tanggal di Dukuh Kajen Desa Guwokajen Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode deskriptif, formal, dan informal. Berdasarkan hasil analisis data Istilah-istilah Sesaji dalam Upacara Mapak Tanggal 1 Suradi Dukuh Kajen Desa Guwokajen Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali berupa istilah yang termasuk monomorfemis terdapat 9 istilah, istilah yang termasuk polimorfemis terdapat 6 istilah, dan istilah yang berupa frasa terdapat 9 istilah. Keseluruhan ada 24 istilah. Analisis makna, menghasilkan makna leksikal dan makna kultural. Makna leksikal mengacu kepada wujud konkret istilah-istilah sesaji dalam upacara Mapak Tanggal, sedangkan makna kultural mengacu pada pengertian yang dimiliki masyarakat dukuh Kajen, yang juga merupakan kearifan lokal budaya setempat. Kata kunci: bentuk, makna, perkembangan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Daerah
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 10 Oct 2017 14:16
    Last Modified: 10 Oct 2017 14:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34721

    Actions (login required)

    View Item