PENERAPAN MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SD Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

NUGROHO, JAFAR SIDIK (2017) PENERAPAN MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SD Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (119Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Jafar Sidik Nugroho. K7113118. PENERAPAN MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SD Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan menerapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah saya sebagai pelaksana tindakan, guru kelas sebagai observer dan siswa kelas II SD Negeri Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sementara itu, analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas II pada kondisi awal adalah 40,63%. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal mengalami peningkatan menjadi 68,75 %. Pada siklus II persentase ketuntasan klasikal mengalami peningkatan menjadi 93,55%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas II SD Negeri Surakarta. Kata Kunci: Means Ends Analysis (MEA), soal cerita, matematika, sekolah dasar ABSTRACT Jafar Sidik Nugroho. K7113127. IMPLEMENTATION OF MEANS ENDS ANALYSIS MODEL TO IMPROVE COMPETENCE OF PROBLEM SOLVE IN MATHEMATICS (Classroom Action Research on Second Grade of SD Negeri Surakarta Academic Year 2016/2017). Skripsi, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education of Sebelas Maret University, June 2017. The purpose of this research was to improve ability to problem solve by applying the learning model Means Ends Analysis (MEA). The type of this research is classroom action research, it consist of two cycles. Each cycle consist of four phases, there are planning, action, observation, and reflection. The research subject are the two grade students of SD Negeri Surakarta which consist of 33 student. Data were gathered throught interview, observation, test, and documentation. The data validity of this research use triangulation of resources and triangulation on technique. Meanwhile, the technique to analyze data is interactive analysis. The result of this research indicate that the percentage of class attainment for competence of problem solve at SD Negeri Surakarta, students at second grade in the initial condition is 40,63 %. In the first cycle, the percentage of class attainment increase become 68,75 %. In the second cycle, the percentage of class attainment increase become 93,55%. The conclusion of this research is by applying the learning model Means Ends Analysis (MEA) can improve ability to problem solve of two grade students of SD Negeri Surakarta. Keywords: Means Ends Analysis (MEA) Model, Problem Solve, Mathematics, Elementary School

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 09 Oct 2017 14:34
    Last Modified: 09 Oct 2017 14:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34705

    Actions (login required)

    View Item