PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Klaten Tahun Ajaran 2016/2017).

Nugraheni, Irfi Hestu (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Klaten Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (747Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Irfi Hestu Nugraheni, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Klaten Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Mei 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran bulangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri Klaten tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan tersebut adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian dari penelitian yang dilaksanakan ini adalah saya sebagai peneliti, siswa kelas IV dan guru kelas IV SD Negeri Klaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Uji validitas data menggunakan validitas isi dan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian nilai rata-rata kelas pada pratindakan 58,31, pada siklus I meningkat menjadi 65,25, pada siklus II meningkat lagi menjadi 78,35. ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan dari pratindakan sebesar 31,03%, pada siklus I meningkat menjadi 68,97, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 85,71%. Simpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan langkah-langkah yang tepat dan didukung media pembelajaran kartu domino dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran bilangan bulat siswa SD Negeri Klaten tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : operasi hitung campuran, kemampuan, bilangan bulat, model pembelajaran kooperatif tipe Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) ABSTRACT Irfi Hestu Nugraheni. APPLICATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL OF AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) TYPE LEARNING MODEL FOR IMPROVE THE UNDERSTANDING OF MIXED ARITMATHIC OPERATION ON INTEGERS (Classroom Action Research on foorth grade in Klaten state primary on 2016/2017). Skripsi, Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, May 2017. This research want to improve of understanding of mixed aritmathic operation on integers of fourth grades state primary on 2016/2017 with using the cooperative model of Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) type learning model. This research form is Classrom Action Research (CAR). The grades are planning, acting, observacing, and reflexing. Subject of this research is me as the casetracker and the fourth grades of primary school as the objek. The technic of collecting are documentation, observation, interview, and test. The validity test uses content validity and triangulation technic thats depend on the source and technic triangulation. The data analizing that used is interactives analyze. The result of this research showed that classiccal average marks on preacting, is 58,31. At first syclus increase to be 65,25 and at second syclus it gets more increasing to be 78,35. Clasiccal completeness also increase on preacting 31,03%, at first syclus inrease to be 68,97% and at second syclus it gets more increasing to be 85,71%. The conclusion of this research is using of cooperative model of Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) type learning model with apropriate steps and supported by domino card learning medium able to increase the ability of mixed aritmathic operation on integers on fourth grade primary in Klaten in 2016/2017. Key words : mixed aritmathic operation, ability, integers, cooperative model of Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) type learning model

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 09 Oct 2017 13:57
    Last Modified: 09 Oct 2017 13:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34700

    Actions (login required)

    View Item