PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MASALAH SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2016/2017

Rakasiwi, Intan (2017) PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MASALAH SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (609Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Intan Rakasiwi. PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MASALAH SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2017. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model group investigation dengan media visual dalam peningkatan hasil belajar IPS tentang masalah sosial pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017, (2) meningkatkan hasil belajar IPS tentang masalah sosial melalui penerapan model group investigation dengan media visual pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model group investigation dengan media visual dalam peningkatan hasil belajar IPS tentang masalah sosial pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model group investigation dengan media visual dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) pemaparan topik pembelajaran menggunakan media visual, (b) pembagian kelompok, (c) pemilihan sub topik menggunakan media visual, (d) perencanaan investigasi, (e) pelaksanaan investigasi menggunakan media visual, (f) presentasi hasil investigasi menggunakan media visual, (g) pembahasan hasil presentasi menggunakan media visual, dan (h) evaluasi; (2) penerapan model group investigation dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang masalah sosial pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I 50,00%, siklus II 76,32%, dan siklus III 86,84%; (3) kendala yang dihadapi yaitu siswa sulit bekerja sama dalam melaksanakan investigasi kelompok, solusinya yaitu guru membimbing siswa agar dapat bekerja sama dalam melaksanakan investigasi kelompok. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model group investigation dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang masalah sosial pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci:group investigation, media visual, hasil belajar IPS. Intan Rakasiwi. THE USE OF GROUP INVESTIGATION MODEL USING VISUAL MEDIA IN IMPROVING LEARNING OUTCOME OF IPSABOUTSOCIAL PROBLEMFOR THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 1 TAMANWINANGUN IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017.Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta. May, 2017. The objectives of this research are :(1) to describe the steps on the use of group investigation using visual media in improving learning outcome of IPSaboutsocial problemfor the fourth grade students of SD Negeri 1 Tamanwinangun in the academic year of 2016/2017, (2) to improve learning outcome of IPSaboutsocial problemthroughthe use of group investigation model using visual mediafor the fourth grade students of SD Negeri 1 Tamanwinangun in theacademic year of 2016/2017, and (3) to describe problems and solutions the use of group investigation model using visual media in improving learning outcome of IPSaboutsocial problemfor the fourth grade students of SD Negeri 1 Tamanwinangun in the academic year of 2016/2017. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 19 students of the fourth grade of SD Negeri 1 Tamanwinangun in academic year of 2016/2017. Techniques of collecting data were learning outcomes test, observation, interview, and documentation. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using quantitative and qualitative descriptiveanalysis consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research show that: (1) ) the steps of the use of group investigation using visual media, namely: (a) explaininglearning topic using visual media, (b) grouping, (c) choosing sub-topic using visual media, (d) planning investigation, (e) conducting investigation using visual media, (f) presenting the results using visual media, (g) discussing the results of presentation using visual media, and (h) evaluating; (2) The use of group investigation using visual media can improve learning outcome of IPSaboutsocial problemfor the fourth grade students of SD Negeri 1 Tamanwinangun in the academic year of 2016/2017. It was proven by the increase of learning outcomes in the first cycle 50,00%, cycle II 76,32%, and cycle III 86,84%; (3) the problems encountered in the learning, namely: students were difficult to be cooperate during lesson. Solution of this problem is teacher guides students to cooperate during group investigation. The conclusion of this research is the use of group investigation using visual media can improve learning outcome of IPSaboutsocial problemfor the fourth grade students of SD Negeri 1 Tamanwinangun in the academic year of 2016/2017. Keywords:group investigation, visual media, learning outcomes of IPS.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 09 Oct 2017 13:39
    Last Modified: 09 Oct 2017 13:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34698

    Actions (login required)

    View Item