PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG ENERGI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KALIBAGOR TAHUN AJARAN 2016/2017

Kamal, Imam Fadlun (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG ENERGI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KALIBAGOR TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1183Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Imam Fadlun Kamal. PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG ENERGI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KALIBAGOR TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Discovery Learning) dengan media konkret; (2) meningkatkan hasil belajar IPA tentang energi melalui penerapan model Discovery Learning) dengan media konkret; (3) mendeskripsikan kendala yang dialami dan solusi pada penerapan model Discovery Learning dengan media konkret dalam peningkatan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalibagor tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalibagor yang berjumlah 24 siswa. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas IV dan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data mengggunakan teknik tes dan nontes (observasi dan wawancara). Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis analisis deskriptif kualitatif dan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model discovery learning dengan media konkret, yaitu: stimulasi (pemberian rangsangan) dengan media konkret, perumusan masalah, pengumpulan data dengan media konkret, mengolah data, yaitu siswa menganalisis hasil percobaan, verifikasi dengan media konkret, dan generalisasi (membuat simpulan); (2) Penerapan model discovery learning dengan media konkret mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa tentang energi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalibagor tahun ajaran 2016/2017, dibuktikan dengan persentase ketuntasan tes siswa mencapai 58,33% pada siklus I, 74,98% pada siklus II, dan 85,65% pada siklus III; (3) Kendala dalam penerapan discovery learning dengan media konkret dalam peningkatan hasil belajar IPA siswa tentang energi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalibagor tahun ajaran 2016/2017, yaitu: siswa kurang aktif dalam menanggapi dan berpendapat, siswa mebuat kegaduhan saat percobaan, siswa masih kesulitan merumuskan masalah. Solusi dari kendala tersebut yaitu: guru memberi penguatan dan penghargaan pada siswa yang aktif dan masih pasif sehingga siswa menjadi lebih termotivasi untuk lebih aktif, guru memberi teguran dan peringatan serta memberi arahan percobaan, dan guru memberi bimbingan pada saat merumuskan masalah.. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model model Discovery Learning) dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang energi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalibagor tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: discovery learning, hasil belajar IPA, media konkret. vii ABSTRACT Imam Fadlun Kamal. THE USE OF DISCOVERY LEARNING MODEL USING CONCRETE MEDIA IN IMPROVING LEARNING OUTCOME OF IPA ABOUT ENERGY FOR THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 2 KALIBAGOR IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017.Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta. May, 2017. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the use of discovery learning model using concrete media; (2) to improve learning outcome of IPA about energy through the use of discovery learning model using concrete media; (3) to describe problems and solutions on the use of discovery learning model using concrete media in improving learning outcome of IPA about energy for the fourth grade students of SD Negeri 2 Kalibagor in the academic year of 2016/2017. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 24 students of the fourth grade of SD Negeri 2 Kalibagor. Sources of data were derived from students, teacher, and observer. Techniques of collecting data were learning outcomes test, observation, interview, and documentation. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using quantitative and qualitative descriptiveanalysis consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research show that: (1) the steps on the use of discovery learning model using concrete media, namely: (a) stimulating (pemberian rangsangan) using concrete media, (b) formulating problem, (c) collecting data using concrete media, (d) processing data, which means students analyzed the results of the experiment, (e) verifying using concrete media, and (f) generalizing (membuat simpulan); (2) the use of discovery learning model using concrete media can improve learning outcome of IPA about energy for the fourth grade students of SD Negeri 2 Kalibagor in the academic year of 2016/2017. It was proven by the increase of learning outcomes in the first cycle 58,33%, in the second cycle 74,98% , and in the third cycle 85,65%; (3) the problems encountered in the learning, namely: (a) students were not actively giving comment and feedback, (b) students became noisy during the experiments, (c) students still found it difficult to formulating the problem Solutions for these problems are: (a) teacher gives reward to active students in order to stimulate passive students to be more active, (b) teacher gives warning guidelines during the experiments, and (c) teacher gives students guidance to formulate the problem. The conclusion of this research is the use of discovery learning model using concrete media can improve learning outcome of IPA about energy for the fourth grade students of SD Negeri 2 Kalibagor in the academic year of 2016/2017. Keywords: discovery learning, learning outcome of IPA, concrete media.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 09 Oct 2017 12:18
    Last Modified: 09 Oct 2017 12:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34692

    Actions (login required)

    View Item