GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KINERJA, EFIKASI DIRI DAN KETERLIBATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Penyusun Laporan Keuangan Pemda se-Surakarta)

HENDRASTUTI, FARIDA (2017) GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KINERJA, EFIKASI DIRI DAN KETERLIBATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Penyusun Laporan Keuangan Pemda se-Surakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1218Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah berbasis akrual dengan efikasi diri dan keterlibatan kerja sebagai variabel mediasi. Latar belakang penelitian ini karena temuan audit eksternal, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan bahwa upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mendukung pelaporan keuangan berbasis akrual belum sepenuhnya efektif. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan regresi variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pejabat pengelola keuangan pemerintah daerah se-Surakarta yang berjumlah 2.361, sedangkan sampel berjumlah 455 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel efikasi diri dan keterlibatan kerja merupakan variabel mediasi atas pengaruh variabel kepemimpinan transformasional terhadap kinerja penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah berbasis akrual. Implikasi dari penelitian ini bagi pengambil kebijakan dilingkungan pemerintah daerah agar menerapkan gaya kepemimpinan transformasional serta mendorong efikasi diri dan keterlibatan kerja pegawai agar kinerja penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah berbasis akrual tercapai.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 05 Oct 2017 15:10
    Last Modified: 05 Oct 2017 15:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34673

    Actions (login required)

    View Item