AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS PT TELKOM DIVRE IV JATENG & DIY DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF

SOPIYANTI, FAJAR MEI (2017) AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS PT TELKOM DIVRE IV JATENG & DIY DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (761Kb)

    Abstract

    Fajar Mei Sopiyanti (D1614027), Aktivitas Public Relations PT Telkom Divre IV Jateng dan DIY dalam Meningkatkan Citra Positif. Public Relations merupakan perantara antara pimpinan organisasi dengan publiknya, baik dalam upaya membina hubungan masyarakat internal maupun eksternal. Sebagai publik, mereka berhak mengetahui rencana kebijaksanaan, aktivitas, program kerja dan rencana-rencana usaha suatu organisasi atau perusahaan berdasarkan keadaan, harapan-harapan, keinginan-keinginan publik sebagai sasarannya. Citra perusahaan di mata publik dapat terlihat dari pendapat atau pola pikir pada saat mempersepsikan realitas yang terjadi. Citra perusahaan adalah adanya persepsi yang berkembang di benak publik terhadap realitas. Realitas dalam Public Relations adalah apa yang tertulis di media. Terbentuknya citra perusahaan karena adanya persepsi. Untuk mendapatkan citra yang diinginkan, perusahaan harus memahami secara persis proses yang terjadi ketika publik menerima informasi mengenai kenyataan yang terjadi. Dalam upaya mengingkatkan citra positif , maka perlu juga seorang Public Relations menjaga hubungannya dengan publik. Dalam public relations perusahaan terdapat dua jenis publik, yaitu publik internal dan publik eksternal. Hubungan dengan publik internal antara lain dengan karyawan dan stockholder , sedangkan hubungan dengan publik eksternal antara lain dengan pers, komunitas, pelanggan, dan pemerintah. Maka dari itu penting adanya divisi Public Relations di PT Telkom Divre IV Jateng dan DIY untuk menjaga citra positif. Dalam usaha pencitraan Public relations PT Telkom Divre IV Jateng dan DIY melakukan berbagai aktivitas dengan publik, aktivitas dengan publik internal perusahaan antara lain media monitoring, digismart, sesi diskusi, liputan, web digital dan portal internal. aktivitas tersebut dilakukan untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif serta meningkatnya motivasi kerja para karyawan guna memajukan perusahaan. Sedangkan kegiatan eksternalnya antara lain, konferensi pers, press release, kunjungan media dan wawancara. Peran public relations dalam meningkatkan citra positif PT Telkom Divre IV Jateng dan DIY dengan cara-cara tersebut merupakan langkah untuk membangun, mengingkatkan citra dan reputasi baik perusahaan. Kata kunci : Public Relations, Citra, PT Telkom Divre IV Jateng dan DIY

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 05 Oct 2017 14:55
    Last Modified: 05 Oct 2017 16:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34671

    Actions (login required)

    View Item