Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Berorientasi Vocational Skill (INVOS) Melalui Integrated Scientific Method

W, Ervan Johan (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Berorientasi Vocational Skill (INVOS) Melalui Integrated Scientific Method. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (201Kb)

    Abstract

    Ervan Johan Wicaksana. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Berorientasi Vocational Skill (INVOS) Melalui Integrated scientific method. Disertasi. Promotor : Prof. Dr. Sri Anitah W, M.Pd. Co-Promotor I : Prof. Drs. Haris Mudjiman MA, Ph.D. Co-Promotor II : Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd. Program Doktor Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kondisi awal pelaksanaan pembelajaran IPA di SMK Kabupaten Ngawi, (2) Untuk mengetahui kebutuhan pembelajaran IPA di SMK Kabupaten Ngawi, (3) Untuk mengetahui wujud model pembelajaran inkuiri berorientasi vocational skill melalui integrated scientific method, (4) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inkuiri berorientasi vocational skill melalui integrated scientific method. Penelitian ini termasuk jenis Research dan Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi untuk mengukur keaktifan siswa, angket untuk mengukur respon siswa serta validasi model dan perangkat, tes untuk mengukur hasil belajar siswa, dokumentasi untuk memperoleh data kondisi awal. Penelitian pengembangan model pembelajaran ini dilakukan di semua Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Ngawi. Sampel penelitian diambil menggunakan metode cluster random sampling sebanyak empat sekolah menengah kejuruan dari semua sekolah menengah kejuruan yang ada di Kabupaten Ngawi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data wawancara, analisis statistik deskriptif untuk menganalisis distribusi frekuensi hasil kuesioner dan uji t untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran. Hasil penelitian didapatkan bahwa 1. Kondisi awal pembelajaran IPA yang dilakukan di SMK Kabupaten Ngawi didapatkan fakta bahwa 100% guru IPA di SMK kabupaten Ngawi masih mengajar dengan cara yang sama yaitu dengan paradigma teoritist science. Khususnya pada materi mikroorganisme, guru hanya mengajarkan sebatas teori tanpa ada praktikum serta keterampilan yang diberikan kepada peserta didik. Sebagian besar siswa berpendapat bahwa mereka tidak yakin dapat menerapkan apa yang mereka dapatkan dari pembelajaran di sekolah khususnya pelajaran IPA untuk bekal mencari nafkah. Pembelajaran IPA yang di SMK Kabupaten Ngawi membutuhkan model dan media pembelajaran IPA yang sesuai dengan paradigma applied science yang nantinya dapat menunjang keterampilan vokasi mereka yang dapat menjadi bekal mencari nafkah dikemudian hari. Wujud model pembelajaran inkuiri berorientasi vocational skill melalui integrated scientific method skill yang dikembangkan peneliti adalah model pembelajaran yang dapat memadukan antara teori dan penerapan yang terdiri atas 5 macam produk yaitu buku penggunaan model pembelajaran INVOS, buku pedoman penyusunan dan contoh silabus RPP, modul guru dan modul siswa, media pembelajaran INVOS dan video contoh pembelajaran INVOS. Model pembelajaran inkuiri berorientasi vocational skill melalui integrated scientific method skill terbukti efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA yang terbukti dari hasil uji t yaitu thitung < ttabel (6,929 > 2,002) dan p < 0,05 (0,00 < 0,05) yang berarti rata-rata nilai kelompok siswa eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok siswa kontrol. Kata kunci: inkuiri, vocational skill, integrated scientific method

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Doktor
    Pasca Sarjana > Doktor > Ilmu Pendidikan - S3
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 05 Oct 2017 13:50
    Last Modified: 05 Oct 2017 13:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34667

    Actions (login required)

    View Item