PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LEMBAGA–LEMBAGA NEGARA DALAM SUSUNAN PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas IV SD N 5 Bendungan Tahun Ajaran 2016/2017)

Ratnapuri, Endah (2017) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LEMBAGA–LEMBAGA NEGARA DALAM SUSUNAN PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas IV SD N 5 Bendungan Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (760Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Endah Ratnapuri. K7113070. PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LEMBAGA–LEMBAGA NEGARA DALAM SUSUNAN PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas IV SD N 5 Bendungan Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep lembaga–lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks pada peserta didik kelas IV SD N 5 Bendungan tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan empat tahapan. Tahapan-tahapan tersebut yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD N 5 Bendungan tahun ajaran 2016/2017. Jumlah siswa adalah 28 siswa, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, redukdi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Nilai rata-rata sebelum tindakan (pratindakan) 58,5, pada siklus I nilai rata-rata menjadi 70,79, pada siklus II nilai rata-rata menjadi 81,75, pada siklus III meningkat menjadi 86,03. Pada pratindakan, ketuntasan klasikal mencapai 10,71% atau 3 dari 28 siswa mencapai KKM (≥75). Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 42,86% atau 12 dari 28 siswa yang telah mencapai KKM. Pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 82,14% atau 23 dari 28 siswa yang telah mencapai KKM. Setelah tindakan pada siklus III ketuntasan klasikal mencapai 92,86% atau 26 dari 28 siswa yang telah mencapai KKM. Simpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dapat meningkatkan pemahaman konsep lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat pada peserta didik kelas IV SD N 5 Bendungan tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Lembaga-lembaga Negara, Model Pair Checks ABSTRACT Endah Ratnapuri. K7113070. USING COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE PAIR CHECKS FOR IMPROVING CONCEPT COMPREHENSION OF CENTRAL GOVERNMENT INSTITUTIONS (CLASSROOM ACTION RESEARCH AT FOURTH GRADE STUDENTS OF BENDUNGAN 5 STATE PRIMARY SCHOOL IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017). Skripsi. Training and Education Faculty, Sebelas Maret University Surakarta, May 2017. The purpose of this research is to improve concept comprehension of central government institutions by using cooperative learning model type Pair Checks at fourth grade students of Bendungan 5 State Primary School in the academic year of 2016/2017. The form of this research is a Classroom Action Research (CAR) conducted of 3 cycles. Each cycle conducted of 2 meetings and 4 steps. The steps are planning, implementation, observation, and reflektion. Subject of this research were fourth grade students of Bendungan 5 state Primary School in the academic year of 2016/2017. There was 28 students, consist of 17 male students and 11 female students. The technique in collecting data were test, interview, observation, and documentations. Data valitidy techninque used metode triangulation and data source triangulation. The data analysis used interactive analysis model, which consists of data collection, data reduction, data display, and conclusions. The average mark before the action (pre-action) is 58,5, cycle I is 70,79, cycle II is 81,75 and cycle III is 86,03. In pre-action, only 3 students out of 28 reached minimun completeness criteria (≥75). This means only 10,17% students who reach the minimum completeness criteria. In the cycle I, the students who reached minimum completeness criteria were 12 out of 28 or 42,86% students. In the cycle II, the students who reached minimun completeness criteria were 23 out of 28 or 82,14% students. In the cycle III, the students who reached minimum completeness criteria were 26 out of 28 or 92,86% students. The conclusion of the research is cooperative learning model type Pair Checks can improve concept comprehension of central government institutions at fourth grade students of Bendungan 5 State Primary School in the academic year of 2016/2017. Keywords: Concept Comprehention, Government Institutions, Pair Checks Model

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 05 Oct 2017 13:20
    Last Modified: 05 Oct 2017 13:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34665

    Actions (login required)

    View Item