PENGARUH POLA PENGAJARAN PRAKTEK BANGUNAN DAN DAYA SERAP SISWA TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS I, II, DAN III SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SATYA KARYA KARANGANYAR

Wulandari, Retno (2010) PENGARUH POLA PENGAJARAN PRAKTEK BANGUNAN DAN DAYA SERAP SISWA TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS I, II, DAN III SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SATYA KARYA KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (720Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara : (1) Pola Pengajaran Praktek Bangunan terhadap Kompetensi Siswa; (2) Daya Serap siswa terhadap Kompetensi Siswa; (3) Secara bersama-sama antara Pola Pengajaran Praktek dan Daya Serap Siswa terhadap Kompetensi Siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Satya Karya Karanganyar Jl. Lawu Tawangsari, Bejen Karanganyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian diambil 34 siswa dari keseluruhan siswa yang berjumlah 44 siswa. Sedangkan 10 siswa digunakan untuk uji coba (try out) dengan teknik proporsi random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diambil dengan instrument berupa angket untuk variabel pola pengajaran, instrument berupa nilai rata-rata mata pelajaran praktek bangunan untuk variabel daya serap siswa, instrument berupa nilai kompetensi dari mata pelajaran praktek bangunan untuk variabel kompetensi siswa. Teknik analisis data penelitian terdiri dari pengujian persyratan analisi yang meliputi: uji normalitas, uji independen antar variabel bebas. Dalam pengujian hipotesis digunakan teknik analisis meliputi: (1) uji korelasi parsial, (2) uji signifikansi pengaruh. Berdasarkan analisis data ditarik kesimpulan yaitu, (1) Terdapat pengaruh antara pola pengajaran praktek bangunan terhadap kompetensi pada siswa jurusan bangunan kelas I, II, III SMK Satya Karya Karanganyar 2008/2009, hal ini terbukti dari analisis korelasi parsial dan melalui uji-t diperoleh nilai statistik uji untuk kelas I t = 2,331 > t0,05;15 = 2,131 , untuk Kelas II t = 3,615 > t0,05;15 = 2,306, dan untuk kelas III t = 2,605 > t0,05;15 = 2,571. (2) Terdapat pengaruh positif antara daya serap siswa terhadap kompetensi pada siswa jurusan bangunan kelas I, II, III SMK Satya Karya Karanganyar 2008/2009, hal ini terbukti dari analisis korelasi parsial dan melalui uji-t diperoleh nilai statistik uji untuk kelas I 0,05;15 t = 2,511 > t = 2,131. untuk kelas II t = 8,797 > t0,05;15 = 2,306, dan untuk kelas III t = 5,560 > t0,05;15 = 2,571. (3) Terdapat pengaruh positif antara pola pengajaran praktek bangunan dan daya serap siswa terhadap kompetensi pada siswa jurusan bangunan kelas I, II, III SMK Satya Karya Karanganyar 2008/2009, hal ini terbukti dari analisis korelasi parsial dan melalui uji-t diperoleh nilai statistik uji untuk kelas I 0,05;15 t = 15, 437 > t = 2,131, untuk Kelas II t = 8,797 > t0,05;15 = 2,306, dan untuk kelas III t = 15,196 > t0,05;15 = 2,571

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Budhi Kusumawardana Julio
    Date Deposited: 13 Jul 2013 23:00
    Last Modified: 13 Jul 2013 23:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3466

    Actions (login required)

    View Item