PENGARUH KECEPATAN GERAK TORCH PEMANAS PADA PROSES AUTOMATIC FLAME HARDENING TERHADAP NILAI KEKERASAN DAN KEKUATAN TARIK BAJA KARBON MEDIUM

Purwanto, Andi (2017) PENGARUH KECEPATAN GERAK TORCH PEMANAS PADA PROSES AUTOMATIC FLAME HARDENING TERHADAP NILAI KEKERASAN DAN KEKUATAN TARIK BAJA KARBON MEDIUM. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (123Kb)

    Abstract

    “PENGARUH KECEPATAN GERAK TORCH PEMANAS PADA PROSES AUTOMATIC FLAME HARDENING TERHADAP NILAI KEKERASAN DAN KEKUATAN TARIK BAJA KARBON MEDIUM” Andi Purwanto Jurusan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta Email: andi_purwanto1992@yahoo.com Abstrak Baja merupakan material yang banyak digunakan dan didapatkan pada bidang industri maupun otomotif. Untuk menghasilkan sifat yang keras pada permukaan dan ulet pada bagian inti material maka diperlukan suatu proses perlakuan panas, yaitu dengan metode automatic flame hardening. Perlakuan panas dilakukan dengan menggunakan nyala api karburasi untuk memanaskan permukaan spesimen dan diikuti dengan pendinginan secara kontinyu menggunakan media pendingin air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecepatan gerak torch pemanas terhadap kekerasan permukaan dan kekuatan tarik baja karbon medium pada proses automatic flame hardening. Variasi yang digunakan yaitu kecepatan gerak torch pemanas 10 mm/menit, 20 mm/ menit, 30 mm/menit, dan 40 mm/menit. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variasi dengan kecepatan torch 10 mm/menit merupakan parameter yang paling optimal. Kekerasan permukaan maksimal mencapai 398,9 VHN, sedangkan kekuatan tarik yang paling tinggi 647,3 MPa serta terbentuk fasa perlit dan ferrit. Dengan hasil tersebut maka diperoleh sifat yang keras pada permukaan dan sifat ulet pada bagian tengah spesimen. Kata kunci: automatic flame hardening, perlakuan panas, baja karbon, micro vickers.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 26 Sep 2017 20:10
    Last Modified: 26 Sep 2017 20:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34649

    Actions (login required)

    View Item