UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS ACCELERATED INSTRUCTION (PERCEPATAN PENGAJARAN TIM) PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI 2 SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN 2009/2010 (Penelitian Tindakan Kelas)

KARATIKA, INTAN (2010) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS ACCELERATED INSTRUCTION (PERCEPATAN PENGAJARAN TIM) PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI 2 SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN 2009/2010 (Penelitian Tindakan Kelas). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (739Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Model Teams Accelerated Instructoins (TAI) dalam upaya peningkatan prestasi belajar akuntansi kelas X Akuntansi 2 SMK Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan strategi siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 2 SMK Batik 2 Surakarta yang berjumlah 42 siswa. Obyek penelitian pada penelitian tindakan ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini antara lain informan, tempat atau lokasi, peristiwa, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dokumentasi dan angket. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) identifikasi masalah, (2) persiapan, (3) penyusunan rencana tindakan, (4) implementasi tindakan, (5) pengamatan, dan (6) penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, alokasi waktu masing-masing pertemuan 8 x 45 menit. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran Teams Accelerated Instructoins (TAI). Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) Pada penerapan metode Teams Accelerated Instruction dalam pelajaran akuntansi terdapat peningkatan. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus yang dilaksanakan. Pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 11,6% (siklus I sebesar 66,4% dan siklus II sebesar 78%). Kemudian terjadi peningkatan 10% (menjadi 88% pada siklus III). (2) Motivasi belajar siswa yang aktif dalam kelompok selama kegiatan berdiskusi berlangsung dalam pelajaran akuntansi juga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus yang dilaksanakan. Pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 8,57% (siklus I sebesar 67,06% dan siklus II sebesar 75,63%). Kemudian terjadi peningkatan 8,72% (menjadi 84,21% pada siklus III). (3) Partisipasi siswa yang aktif dalam mengemukakan pendapat dan mengajukan pertanyaan selama berdiskusi dalam pelajaran akuntansi mengalami penimgkatan. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus yang dilaksanakan. Pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 10% (siklus I sebesar 62,37% dan siklus II sebesar 72,37%). Kemudian terjadi peningkatan 8,57% (menjadi 80,94% pada siklus III). (4) Adanya peningkatan prestasi belajar dalam pelajaran akuntansi. Pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 16,67% (siklus I sebesar 61,90% dan siklus II sebesar 78,57 %). Kemudian terjadi peningkatan 11,9% (menjadi 90,47% pada siklus III). Peningkatan tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya, antara lain: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Accelerated Instructoins (TAI), (2) Guru membuat suasana baru dalam menyampaikan materi yang dilakukan oleh siswa dengan cara diskusi dengan tim ahli dan menjelaskan di kelompok utama, (3) Guru melakukan evaluasi setelah pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Accelerated Instructoins (TAI) dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi baik dari segi keaktifan maupun prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Budhi Kusumawardana Julio
    Date Deposited: 13 Jul 2013 22:55
    Last Modified: 13 Jul 2013 22:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3464

    Actions (login required)

    View Item