IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2016 TENTANG PENGAMPUNAN PAJAK (TAX AMNESTY) DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN WAJIB PAJAK DI INDONESIA (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Surakarta)

Dea W, Alifia (2017) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2016 TENTANG PENGAMPUNAN PAJAK (TAX AMNESTY) DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN WAJIB PAJAK DI INDONESIA (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (772Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengampunan pajak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak di Kota Surakarta. Selain itu juga ingin mengetahui hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan pengampunan pajak tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris atau sosiologis yang bersifat deskriptif. Adapun data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari responden melalui wawancara, serta data sekunder yaitu data yang diperoleh dari literatur serta penelitian yang terdahulu. Metode untuk menganalisis data pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisis yaitu disamping mengumpulkan dan menyusun data juga berusaha menjelaskan, menganalisis, dan memberikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dengan petugas pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Surakarta dan beberapa wajib pajak yang mengikuti pengampunan pajak di Kota Surakarta, dan studi kepustakaan yaitu perolehan data yang diperoleh dari mengumpulkan peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen, literatur dan sumber kepustakaan lainnya serta penelitian yang terdahulu. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengampunan pajak di Kota Surakarta telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan tata cara yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak. Proses pengampunan pajak itu sendiri sudah dilaksanakan dengan baik oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama dan wajib pajak terbukti dengan terpenuhinya hak dan kewajiban wajib pajak, selain itu antusiasme masyarakat di Kota Surakarta cenderung tinggi dibuktikan dengan jumlah wajib pajak yang mengikuti pengampunan pajak sebanyak 9.028 peserta. Dengan demikian pelaksanaan pengampunan pajak di Kota Surakarta sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 Kata Kunci : Pajak, Pengampunan, Wajib Pajak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 18 Sep 2017 15:24
    Last Modified: 18 Sep 2017 15:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34631

    Actions (login required)

    View Item