Pengembangan Aplikasi Expert System Berbasis Web untuk Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif

W, Dian Atnantomi (2017) Pengembangan Aplikasi Expert System Berbasis Web untuk Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (305Kb)

    Abstract

    Dian Atnantomi W, S041508002, 2017. Pengembangan Aplikasi Expert System Berbasis Web untuk Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Tesis. Pembimbing I: Nunuk Suryani. Pembimbing II: Abdul Salim. Program Studi Magister Pendidikan Luar Biasa Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat persepsi guru tentang identifikasi untuk anak berkebutuhan khusus, (2) mengetahui kebutuhan guru dan sekolah terhadap identifikasi untuk anak berkebutuhan khusus, (3) mengetahui validitas aplikasi expert system berbasis web untuk identifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif menurut ahli, (4) mengetahui validitas aplikasi expert system berbasis web untuk identifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif menurut calon pengguna (praktisi). Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan terdiri dari tiga tahap yaitu studi pendahuluan, perencanaan, dan validasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dengan subyek sampel guru pembimbing khusus sebanyak 40 orang diambil secara purposive random sampling di 11 sekolah inklusif Kota Surakarta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Metode analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat persepsi guru pendamping khusus, koordinator inklusi, dan guru kelas di sekolah inklusi tentang identifikasi dan pengenalan anak berkebutuhan khusus sebagian besar dalam kriteria rendah, (2) Kebutuhan guru terhadap identifikasi untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi adalah sebagian besar untuk menentukan hambatan anak berkebutuhan khusus, (3) Validitas aplikasi expert system berbasis web dan buku manual untuk identifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi menurut ahli menunjukkan kriteria sangat baik, (4) Validitas aplikasi expert system berbasis web dan buku manual untuk identifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi menurut calon pengguna (praktisi) menunjukkan kriteria sangat baik.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 13 Sep 2017 04:21
    Last Modified: 13 Sep 2017 04:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34626

    Actions (login required)

    View Item