Evaluasi Hasil Penjualan Perumahan Bersubsidi Oleh Sales Person Pasca Training Pada PT Paloma Citra Internasional

P, Yunizar Ika (2017) Evaluasi Hasil Penjualan Perumahan Bersubsidi Oleh Sales Person Pasca Training Pada PT Paloma Citra Internasional. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1106Kb)

    Abstract

    “EVALUASI HASIL PENJUALAN PERUMAHAN BERSUBSIDI OLEH SALES PERSON PASCA TRAINING PADA PT PALOMA CITRA INTERNASIONAL” YUNIZAR IKA PURNAMANINGTYAS F3214077 Sales person memiliki pengaruh besar dalam memenangkan persaingan pasar. Sebagai ujung tombak perusahaan sales person harus memiliki keahlian dan ketrampilan yang khusus. Ketrampilan dan kinerja tenaga penjual memiliki fungsi tersendiri yaitu menjembatani hubungan antara perusahaan dengan konsumen. Kinerja tenaga penjual yang baik juga berperan sebagai keunggulan bersaing perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja sales person setelah diadakannya training. Dasar interpersonal skill, salesmanship skill, dan technical skill juga penting. Evaluasi yang dilakukan dengan mengukur hasil penjualan. Pengukuran diadakan sebelum pelatihan dan setelah pelatihan. Hasil penjualan tiap sales person akan diukur dan di bandingkan sebelum dan sesudah pelatihan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah penelitian deskriptif yaitu peneliti akan membuat gambaran atau deskripsi mengenai evaluasi hasil penjualan pada PT Paloma Citra Internasional. Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari jawaban direktur perusahaan melalui wawancara. Data sekunder diperoleh dari sumber lain seperti buku referensi yang mendukung dan beberapa data dari perusahaan. Hasil rata-rata presentase penjualan sebelum pelatihan adalah 8,81% dengan total rumah yang ditawarkan 116 unit rumah. Sedangkan setelah pelatihan penjualan menjadi 14,53%. Penjualan meningkat sebesar 5,72%. Perusahaan mengalami keuntungan dari hasil penjualan. Presentase kehadiran para sales person juga meningkat. Kesimpulan yang dapat diambil dari analisa data tersebut bahwa kompetensi sales person memang penting bagi perusahaan. Meningkatkan ketrampilan dengan pelatihan menjadikan penjualan perusahaan meningkat. Diharapkan dapat diadakan pelatihan yang lebih inovatif agar sales person lebih meningkat penjualannya. Kata Kunci : sales person, training, evaluasi penjualan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 13 Sep 2017 04:17
    Last Modified: 13 Sep 2017 04:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34623

    Actions (login required)

    View Item