Kajian Prosedur Penanganan Komplain Pelanggan Dan Layanan Purna Jual Pada PT. Paloma Citra Internasional

Anta, Via (2017) Kajian Prosedur Penanganan Komplain Pelanggan Dan Layanan Purna Jual Pada PT. Paloma Citra Internasional. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1178Kb)

    Abstract

    ABSTRAK “KAJIAN PROSEDUR PENANGANAN KOMPLAIN PELANGGAN DAN LAYANAN PURNA JUAL PADA PT. PALOMA CITRA INTERNASIONAL” VIA ANTA F3214073 Tujuan dari laporan tugas akhir ini adalah untuk mempermudah perusahaan dalam menangani keluhan pelanggan secara terstruktur melalui prosedur penanganan komplain yang efektif dan memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam menyampaikan keluhan melaui media yang disediakan. Metode penelitian yang dipakai adalah observasi, wawancara yang dilaksanakan dengan bapak Joko Santosa selaku direktur perusahaan dan analisis pembahasan secara deskriptif dengan cara kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data dan kemudian menyajikannya dengan bentuk yang baik dan menjelaskan dengan keadaan yang sesungguhnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil wawancara bahwa prosedur penanganan komplain dilakukan dengan menerima keluhan terlebih dahulu dan selanjutnya dilakukan tindak lanjut dengan melakukan perbaikan terhadap hal yang dikomplainkan. Diketahui juga faktor faktor yang sering menjadi penyebab komplain, yaitu : 1). Kerusakan pada rumah, 2). Lama pengerjaan, 3). Proses akad dengan bank. Dalam proses perbaikan perusahaan sering mengalami kendala dalam menyelesaikan masalah, kendala-kendala tersebut menyebabkan proses pengerjaan jadi terhambat sehingga sering melebihi dari jangka waktu yang telah ditentukan perusahaan. Kata Kunci : komplain, kepuasan, pelayanan, asuransi dan layanan purna jual.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 13 Sep 2017 04:09
    Last Modified: 13 Sep 2017 04:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34620

    Actions (login required)

    View Item