Pengaruh pendekatan tradisional dan pendekatan gerak dalam pembelajaran penjasorkes terhadap kebugaran jasmani dan kemampuan memecahkan masalah suatu study eksperimen pada SD Negeri 01,02 dan 03 Kemiri Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas

SEJATI, RESTIAN GIGIH (2017) Pengaruh pendekatan tradisional dan pendekatan gerak dalam pembelajaran penjasorkes terhadap kebugaran jasmani dan kemampuan memecahkan masalah suatu study eksperimen pada SD Negeri 01,02 dan 03 Kemiri Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (317Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Restian GigihSejati A121508047. 2015 PENGARUH PENDEKATAN TRADISIONALDAN PENDEKATAN PENDIDIKAN GERAK DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES TERHADAP KEBUGARAN JASMANI DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH ( Studi Eksperimen pada SD Negeri 01,02 dan 03 Kemiri Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas) Pembimbing I: Prof. Dr. Agus Kristiyanto.,M.Pd Pembimbing II: Prof. Dr. Muchsin Doewes,dr.,SU,AIFO, MARS Abstrak Tujuan : (1) Mengetahui perbedaan pengaruh terhadap kesegaran jasmani antara siswa yang diajar dengan pendekatan pendidikan gerak dengan siswa yang diajar dengan pendekatan tradisional serta pengaruhnya kepada kelompok siswa .(2) Mengetahui interaksi pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani terhadap kesegaran jasmani kelompok siswa. (3) Mengetahui yang lebih efektif memberikan kemajuan pendekatan tradisional atau pendidikan gerak.Penelitian ini eksperimental. Populasinya :siswa SD N 01,02 dan 03 Kemiri.160 sampel yang diambil (purposive sampling).Variabel bebas : Pendekatan tradisional,pendekatan pendidikan gerak. Variabel terikatnya :Kesegaran jasmani, dan memecahkan masalah.Pengumpulan data : Randomized group pre-test-post-test design. Analisis data menggunakan uji T. Simpulan : (1) Ada perbedaan pengaruhkesegaran jasmani siswa diajarpendekatan pendidikan gerak dengan siswa diajar pendidikan tradisional dengan nilai signifikasi 0,0000 adalah 0,05 dari F=1.491 sertaperbedaanpengaruhnya kelompok kelas tinggi dan kelompok kelas rendahdengan nilai signifikasi 0,0000 adalah = 0,05 F=1.7773 (3) Ada interaksi pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani terhadap kesegaran jasmani sekelompok siswa .(4) Ada perbedaan pengaruhkemampuan memecahkan masalah antara siswa diajarpendekatan pendidikan gerak dengan siswa diajar pendekatan tradisional.(5) Terdapat interaksi pendekatan pembelajarn pendidikan jasmani terhadap kemampuan memecahkan masalah.Kelompok siswa pendekatan pendidikan gerakunggul dibandingkan pendekatan tradisional probabilitas 0,002 dari Tabel of between subjects effects. Kata Kunci :KebugaranJasmani ,Pendekatan Tradisional, Pendekatan Pendidikan gerak,KemampuanMemecahkanMasalah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 11 Sep 2017 22:41
    Last Modified: 11 Sep 2017 22:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34605

    Actions (login required)

    View Item