Permasalahan dan Penyelesaian Masalah dalam Pengajuan Klaim Asuransi oleh Ahli Waris Nasabah Kredit pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk Kantor Cabang Pembantu Karanganyar

Ningtyas, Puri Enggar (2017) Permasalahan dan Penyelesaian Masalah dalam Pengajuan Klaim Asuransi oleh Ahli Waris Nasabah Kredit pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk Kantor Cabang Pembantu Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (248Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PERMASALAHAN DAN PENYELESAIAN MASALAH DALAM PENGAJUAN KLAIM ASURANSI OLEH AHLI WARIS NASABAH KREDIT PADA PT. BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL (BTPN) TBK PURNA BHAKTI KANTOR CABANG PEMBANTU KARANGANYAR Puri Enggar Ningtyas F3614079 Penelitian ini dilakukan dengan alasan banyaknya nasabah pensiun PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk Purna Bhakti KCP Karanganyar yang mengajukan kredit. karena usia nasabah yang telah senja terkadang nasabah meninggal dunia sebelum melunasi pinjamannya di PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk Purna Bhakti KCP Karanganyar. Oleh karena itu, ahli waris nasabah perlu mengajukan klaim asuransi supaya pinjaman nasabah tersebut dapat ditutup. Akan tetapi sering terdapat permasalahan pada saat pengajuan klaim asuransi tersebut. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah wawancara dengan operation SPV dan back office PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk Purna Bhakti KCP Karanganyar untuk mendapatkan data terkait dengan permasalahan serta informasi secara akurat. Selain itu penulis juga melakukan studi kepustakaan dengan membaca beberapa buku untuk menambah referensi. Dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa permasalahan pada saat ahli waris mengajukan klaim asuransi ke PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk Purna Bhakti KCP Karanganyar. Permasalahan tersebut antara lain: 1) Adanya keterlambatan pelaporan oleh ahli waris nasabah dan bahkan tidak dilaporkan sehingga terjadi collect. 2) Tidak lengkapnya persyaratan saat mengajukan klaim asuransi sehingga menyebabkan proses pengjuan klaim ke pihak asuransi menjadi terlambat. 3) Adanya perebutan hak ahli waris nasabah. 4) adanya nasabah yang mengaku telah meninggal dunia supaya kreditnya pada BTPN Tbk Purna Bhakti KCP Karanganyar dianggap telah lunas. Kata Kunci: Permasalahan, Klaim Asuransi, PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk Purna Bhakti KCP Karanganyar, Ahli waris.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 11 Sep 2017 21:05
    Last Modified: 11 Sep 2017 21:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34597

    Actions (login required)

    View Item