Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Menuju Pertanian Modern di Kabupaten Sukoharjo

SUKMANA, RIKA INDRA (2017) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Menuju Pertanian Modern di Kabupaten Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (209Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Usaha Pelayanan Jasa Alsintan tepatnya di Desa Dalangan Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo beradasarkan motivasi, manajemen, kemampuan dan keterampilan, dan fasilitas UPJA. Metode dasar penelitian adalah kuantitatif dengan teknik survei.Lokasi penelitian ditentukan secara purposive di Kabupaten Sukoharjo, tepatnya di Desa Dalangan dengan pertimbangan bahwa Desa Dalangan telah memiliki UPJA dengan luas areal 170 Ha dan telah dirintis menjadi percontohan Nasional. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah stratiefedrandom sampling, dimana stratanya berdasarkan pengurus dan anggota, untuk anggota yang dipilih 55 responden sedangkan pengurus diambil semua sejumlah 15. Total sampel sebanyak 70 petani responden. Data diperoleh dengan kuisioner terhadap 70 responden melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja yaitu motivasi dalam kategori tinggi, manajemen dalam kategori tinggi, kemampuan dan keterampilan dalam kategori tinggi, fasilitas dalam kategori tinggi dan kinerja UPJA dalam kategori tinggi/baik. Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi, manajemen, kemampuan dan keterampilan pada taraf kepercayaan 95% dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas terhadap kinerja UPJA.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 11 Sep 2017 12:55
    Last Modified: 11 Sep 2017 12:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34578

    Actions (login required)

    View Item