Penerapan Model Group Investigation Dengan Media Visualisasi Sejarah Kontroversial Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Magelang

, PRIJADJI (2017) Penerapan Model Group Investigation Dengan Media Visualisasi Sejarah Kontroversial Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Magelang. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2445Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Prijadji. NIM: S861308018. 2016. Penerapan Model Group Investigation Dengan Media Visualisasi Sejarah Kontroversial Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Magelang. Tesis: Pembimbing I: Prof. Dr. Wasino, M.Hum, Pembimbing II: Dr. Djono, M.Pd. Program Studi Pendidikan Sejarah Program Pascasarjana FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menganalisis persiapan pembelajaran sejarah, untuk meningkatan keterbukaan diri, dan untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah pada siswa Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Magelang. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan melakukan 3 siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, test, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan penerapan model group investigation dengan media visualisasi sejarah kontroversial dimulai dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran yang berupa silabus, rencana pelaksanakaan pembelajaran (RPP), lembar soal evaluasi, angket penilaian sikap keterbukaan diri, angket sikap kemampuan berpikir kritis, lembar observasi guru, catatan lapangan dan gambar dan film dokumenter; Penerapan model group investigation dengan media visualisasi sejarah kontroversial untuk meningkatkan keterbukaan diri dalam pembelajaran sejarah pada siswa diketahui melalui hasil angket skala sikap sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata kelas 81,14 pada akhir siklus I, 80,85% dan nilai rata-rata kelas 84,57 pada akhir siklus II, dan meningkat 100% dan nilai rata-rata 85,91 pada akhir siklus III. Penerapan model group investigation dengan media visualisasi sejarah kontroversial untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah pada siswa diketahui melalui ketercapaian ketuntasan klasikal sebesar 71,43% dengan nilai rata-rata 75,24 pada akhir siklus I, menjadi 80,95% dengan nilai rata-rata 82,52 pada akhir siklus II, dan meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata 86,80 pada akhir siklus III. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model group investigation dengan media visualisasi sejarah kontroversial dapat meningkatkan keterbukaan diri dan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah pada siswa Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Magelang. Kata kunci: model group investigation, sejarah kontroverisal, keterbukaan diri, berpikir kritis, pembelajaran sejarah ABSTRACT Prijadji. NIM: S861308018. 2016. The Application of Group Investigation Model through Controversial History Visualization Media to Enhance the Self-Openness and Critical Thinking Capability in The History Learning to the Students of XII IPS 2 class of SMA Negeri 2 Magelang. Thesis: Consultant: Prof. Dr. Wasino, M.Hum, Co-Consultant: Dr. Djono, M.Pd. The History Educational Program – After Degree Teachers and Education Faculty of Universitas Sebelas Maret Surakarta. This research aims is to identify the application of group investigation model through controversial history visualization media that covers the preparation of history learning activity, enhancement of self-openness, preparation to enhance the self-openness and critical thinking capability to the students of XII IPS 2 class of SMA Negeri 2 Magelang. This research is using classroom action research method that conducted in three cycles. Each cycle consists of two meetings. Each cycle of this research has four steps, they are: action planning, action implementation, observation, and reflection. The data collection techniques are using observation, documentation, interview, test, and questionnaire. The result of the reseach shows that the planning of the aplication of the model group investigation by using the controversial history visualization media is started by by preparing the the teacher’s instruments namely the sylabus, lesson plan, question sheet, angket, evaluation, assement angket, angket of the self oppenes assement, angket of the ability of critical thinking, obsevation sheet, guidance note and the picture of documentary film. The application of the investigation model with controversial history visualization media for improving the students’ self-openness in the historical learning of the students is known through the achievement of the classical passing grade 71,43 % with the range 75,25 at the end of cycle 1 become 80,95 % with value range 82,52 at the end of cycle II, and improve to be 100% with the value range 86,80 at the end of cycle III. The application of the group investigation model with controversial history visualization media for improving the students’ critical thinking in the historical learning of the students is known through the achievement of the classical passing grade from the questionnaire is 71,43% with the average score 75,24 in the end of cycle I, then it increased to 80,95% with the average score 82,52 in the end of cycle II, and increased to 100% with the average score 86,80 in the end of cycle III. Based on the classroom action research findings, it can be concluded that the application of group investigation model through controversial history visualization media can enhance the self-openness and critical thinking capability in the historical learning to the students of XII IPS 2 class of SMA Negeri 2 Magelang. Key words: group investigation model, controversial history, self-openness, critical thinking, history learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 10 Sep 2017 22:36
    Last Modified: 10 Sep 2017 22:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34572

    Actions (login required)

    View Item