Kontribusi Lingkar Dada, Rentang Lengan, Kapasitas Vital Paru dan Kekuatan Lengan terhadap Prestasi Renang 50 M Gaya Dada

H, NURIL LOLITA (2017) Kontribusi Lingkar Dada, Rentang Lengan, Kapasitas Vital Paru dan Kekuatan Lengan terhadap Prestasi Renang 50 M Gaya Dada. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (439Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nuril Lolita Hudayhana. A121508042. 2017. “Kontribusi Lingkar Dada, Rentang Lengan, Kapasitas Vital Paru dan Kekuatan Lengan Terhadap Prestasi Renang 50 Meter Gaya Dada (Studi Korelasional pada Atlet Renang Putra Umur 15-17 Tahun di Jawa Timur)”. Pembimbing I : Prof. Dr. Sugiyanto. Pembimbing II : Prof. Dr. Kiyatno, dr., PFK., M.Or AIFO. Program Studi Ilmu Keolahragaan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang, tujuan yang ingin dicapai prestasi renang. Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kecepatan perenang adalah memiliki proporsi tubuh yang ideal. Lingkar dada menentukan besar kecilnya dorongan tubuh untuk maju melawan air dan pada saat pengambilan nafas. Rentang lengan menentukan panjang pendeknya tarikan tangan sehingga luncuran yang didapat semakin jauh. Semakin baik kerja sistem pernapasan berarti volume oksigen yang diperoleh semakin banyak. Kekuatan lengan menentukan besar kecilnya kekuatan tarikan tangan sehingga menghasilkan kayuhan cepat untuk maju ke depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besar kontribusi lingkar dada, rentang lengan kapasitas vital paru, dan kekuatan lengan dengan prestasi renang 50 m gaya dada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah laki-laki (15-17 tahun) pada klub renang di Jawa Timur, jumlah sampel yang didapatkan berjumlah 40 sampel. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 4 variabel independent yaitu lingkar dada, rentang lengan, kapasitas vital paru dan kekuatan lengan dan 1 variabel dependent yaitu prestasi renang gaya dada 50 meter. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi regresi dengan melakukan pengujian prasyarat uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dan korelasi masing-masing prediktor dan analisis regresi ganda serta korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkar dada, rentang lengan, kapasitas vital paru dan kekuatan lengan berhubungan baik secara parsial dan simultan membentuk persamaan regresi. Dimana lingkar dada memiliki kontribusi terhadap prestasi renang 50 meter sebesar 46,1%, rentang lengan memiliki kontribusi terhadap prestasi renang 50 meter sebesar 47,2%, kapasitas vital paru memiliki kontribusi terhadap prestasi renang 50 meter sebesar 19,3% dan kekuatan lengan memiliki kontribusi terhadap prestasi renang 50 meter sebesar 38,8%. Kontribusi lingkar dada, rentang lengan, kapasitas vital paru dan kekuatan lengan terhadap prestasi renang 50 m gaya dada sebesar 61,3% sedangkan sisanya 38,7% dikontribusikan oleh variable lain yang tidak ada didalam uji model regresi linier ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah lingkar dada, rentang lengan, kapasitas vital paru dan kekuatan lengan memiliki kontribusi secara parsial terhadap prestasi renang gaya dada 50 meter.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 10 Sep 2017 22:24
    Last Modified: 10 Sep 2017 22:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34570

    Actions (login required)

    View Item