STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DITINJAU DARI PRESTASI DAN MINAT BELAJAR EKONOMI KELAS XI IIS SMA N 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

KARTIKA, NOORMA HAYYU (2017) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DITINJAU DARI PRESTASI DAN MINAT BELAJAR EKONOMI KELAS XI IIS SMA N 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1000Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Noorma Hayyu Kartika, STUDI KOMPARASI MODELPEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DITINJAU DARI PRESTASI DAN MINAT BELAJAR EKONOMI KELAS XI IIS SMA N 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. 2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2016. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan metode Konvensional, NHT dan STAD pada siswa kelas XI IIS SMAN 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016, sedangkan tujuan khusus penelitian ini untuk mengetahui (1) Perbedaan hasil antara penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IIS SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 (2) Perbedaan hasil antara penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions terhadap minat belajar akuntansi pada siswa kelas XI IIS SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 (3) Perbedaan hasil antara penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions terhadap prestasi dan minat belajar akuntansi pada siswa kelas XI IIS SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental semu atau Quasy Eksperimental Research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 128 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 siswa (70% dari jumlah populasi). Pengumpulan data menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Uji Prasyarat dalam penelitian ini menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk uji normalitas dan uji Levene’s untuk uji homogenitas. Setelah data dinyatakan homogen dan normal maka dapat dilakukan uji Hipotesis menggunakan Two Way Anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan hasil penerapan model konvensional, NHT dan STAD terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN 6 Surakarta 2) ada perbedaan hasil penerapan metode konvensional, NHT dan STAD terhadap minat belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN 6 Surakarta 3) ada perbedaan hasil penerapan metode konvensional, NHT dan STAD terhadap prestasi dan minat belajar ekonomi materi ketenagakerjaan siswa kelas XI IIS SMAN 6 Surakarta. Kata kunci: NHT, STAD, prestasi dan minat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 10 Sep 2017 21:48
    Last Modified: 10 Sep 2017 21:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34565

    Actions (login required)

    View Item