KONTRIBUSI OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM IMPLEMENTASI AKSES LAYANAN KEUANGAN TANPA KANTOR DALAM RANGKA KEUANGAN INKLUSIF (LAKU PANDAI) PADA PERBANKAN DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA AGEN YANG TERDAFTAR DI PT. BANK TABUNGAN PENSIUNAN NEGARA (Persero) Tbk SURAKARTA)

Devintasari, Luthvia (2017) KONTRIBUSI OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM IMPLEMENTASI AKSES LAYANAN KEUANGAN TANPA KANTOR DALAM RANGKA KEUANGAN INKLUSIF (LAKU PANDAI) PADA PERBANKAN DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA AGEN YANG TERDAFTAR DI PT. BANK TABUNGAN PENSIUNAN NEGARA (Persero) Tbk SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (148Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Kontribusi Otoritas Jasa Keuangan Dalam Implementasi Akses Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) Pada Perbankan di Indonesia (Studi Kasus Pada Agen Yang Terdaftar di PT. Bank Tabungan Pensiunan Negara (Persero) Tbk. Surakarta) LUTHVIA DEVINTASARI F3614064 Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui gambaran umum tentang kontribusi Otoritas Jasa Keuangan dalam implementasi akses Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) pada perbankan di Indonesia, (2) mengetahui implementasi akses Laku Pandai pada agen yang terdaftar di PT. Bank Tabungan Pensiunan Negara (Persero) Tbk. Surakarta, (3) mengetahui kendala agen Laku Pandai yang terdaftar di PT. Bank Tabungan Pensiunan Negara (Persero) Tbk. Surakarta, (4) mengetahui cara mengatasi kendala agen Laku Pandai yang terdaftar di PT. Bank Tabungan Pensiunan Negara (Persero) Tbk. Surakarta. Dalam penelitian Tugas Akhir ini penulis melakukan observasi pada Kantor Regional 3 (tiga) Otoritas Jasa Keuangan di Jalan Veteran No. 299, Tipes, Surakarta, Jawa Tengah. Penulis melakukan pengumpulan data primer dan sekunder yang dilakukan selama kegiatan magang berlangsung. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara secara langsung dengan agen btpn Wow! dan marketing dari PT. Bank Tabungan Pensiunan Negara (Persero) Tbk. Surakarta. Data sekunder meliputi : Undang-Undang Nomor 19/POJK.03/2014 dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.03/2015 Tentang Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif. .Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitarif. Hasil penelitian menunjukan bahwa :(1) kontribusi Otoritas Jasa Keuangan disampaikan melalui kebijakan yang tertuang dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.03/2015.(2) implementasi akses Laku Pandai pada agen btpn Wow! meliputi : (a) persyaratan agen btpn Wow!, (b) tanda pengenal agen btpn Wow!, (c) layanan agen btpn Wow!, dan (d) perolehan poin agen btpn Wow!. (3) kendala implementasi Laku Pandai pada agen btpn Wow! meliputi : (a) human error; (b) telepon genggam (handphone) belum mendukung; (c) fasilitas pelayanan yang tidak sesuai. (4) cara mengatasi kendala implementasi akses Laku Pandai pada agen btpn Wow! meliputi : (a) melakukan pengecekan data calon nasabah, (b) melakukan peningkatan performa pada telepon genggam (handphone),(c) bantuan fasilitas pelayanan, dan (d) peningkatan cakupan layanan agen btpn Wow!. Kata Kunci : Agen btpn Wow!, Laku Pandai, Otoritas Jasa Keuangan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 10 Sep 2017 08:22
    Last Modified: 10 Sep 2017 08:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34563

    Actions (login required)

    View Item