Pembinaan Pengelola Perpustakaan Melalui Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta

Pratama, Kiki Tika (2017) Pembinaan Pengelola Perpustakaan Melalui Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (786Kb)

    Abstract

    Keberadaan perpustakaan umum sangat penting bagi masyarakat untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan, serta dapat mewujudkan masyarakat yang berpengetahuan luas. Salah satu perpustakaan umum daerah yang terus berkembang dan berusaha dengan baik untuk memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat adalah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta. Tersedianya fasilitas koleksi dan layanan yang lengkap serta kemudahan untuk mengakses informasi di perpustakaan dirasa belum cukup tanpa adanya unsur pendukung lainnya yang sangat penting dan berpengaruh yaitu pengelola perpustakaan karena pengelola perpustakaan sangat berperan dalam proses pengelolaan perpustakaan. Maka dari itu, tenaga pengelola perpustakaan harus berkompeten, bukan hanya mampu melakukan tugasnya dengan baik melainkan juga harus memiliki kemampuan dan keterampilan yang mendukung pekerjaannya, sehingga mereka dapat bersikap sebagaimana mestinya baik dalam bertugas maupun melayani pemustaka. Mengenai hal tersebut Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta memiliki program pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan. Program tersebut memiliki beberapa kegiatan salah satunya adalah kegiatan supervisi, pembinaan dan stimulasi pada perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan masyarakat yang direalisasikan dengan melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan. Bimbingan teknis Pengelolaan Perpustakaan sebagai upaya untuk memberikan pembinaan kepada pengelola perpustakaan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam hal pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap sebagai pengelola perpustakaan. Bimbingan teknis menjadi salah satu sosialisasi untuk memberikan pengarahan dan pembekalan pada para pengelola perpustakaan untuk menjadi seorang pengelola perpustakaan yang professional.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 10 Sep 2017 08:10
    Last Modified: 10 Sep 2017 08:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34555

    Actions (login required)

    View Item