representasi budaya populer dalam mengonkumsi produk fashion bermerk (studi fenomenologi pada mahasiswa di kota surakarta)

Wardan, Ig Rinda Yuda (2017) representasi budaya populer dalam mengonkumsi produk fashion bermerk (studi fenomenologi pada mahasiswa di kota surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1553Kb)

    Abstract

    IG Rinda Yuda Wardana. D0312043. 2017. REPRESENTASI BUDAYA POPULER DALAM MENGKONSUMSI PRODUK FASHION BERMERK (Studi Fenomenologi pada mahasiswa di Kota Surakarta). Skripsi. Pembimbing Dr. Argyo Demartoto, M.Si. Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta Perkembangan Fashion yang sangat cepat dan digunakan oleh banyak orang sering disebut dengan tren mencakup seluruh lapisan masyarakat, dari yang muda hingga yang tua. Remaja sebagai salah satu elemen dari masyarakat juga tidak luput dari perkembangan tren yang ada, sehingga memungkinkan untuk munculnya konsumsi yang berlebihan yang berpotensi menjadi sebuah budaya hedonisme. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi hedonisme remaja dalam mengkonsumsi produk fashion bermerk. Peneliti menggunakan teori masyarakat konsumsi dari Jean P. Baudrillard tentang nilai tanda dan simbol, serta hipperrealitas yang digunakan untuk menganalisis tindakan remaja dalam mengkonsumsi produk fashion bermerk. penelitian kualitatif menggunakan metode fenomenologi. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. lalu untuk menguji kebenaran data digunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan analisis penelitian fenomenologi. Hasil menunjukkan bahwa konsumsi yang dilakukan oleh mahasiswa dibedakan menjadi dua, yaitu atas dasar kenyamanan dari popularitas atau pandangan orang lain. Konsumsi atas dasar pandangan dari orang lain membuat remaja menjadi konsumtif terhadap barang yang diinginkan bukan yang dibutuhkan. Dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya dan tingginya konsumsi yang dilakukan oleh remaja, maka budaya hedonisme dapat diketahui dari tingkat konsumsi yang tinggi dan pergeseran nilai guna barang menjadi nilai tanda atau simbol yang dikonsumsi oleh remaja. Selain itu hiperrealitas yang menyebabkan pengaburan kenyataan juga dapat mempengaruhi terjadinya budaya populer pada konsumsi produk fashion bermerk. Keyword : Masyarakat konsumsi, Remaja, Fashion, Branded

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 09 Sep 2017 10:36
    Last Modified: 09 Sep 2017 10:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34550

    Actions (login required)

    View Item