PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN DAN DEPRESI LANSIA YANG MELAKUKAN SENAM LANSIA DAN TIDAK DI PANTI WREDHA DHARMA BHAKTI SURAKARTA

Setiawan, Hendri (2017) PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN DAN DEPRESI LANSIA YANG MELAKUKAN SENAM LANSIA DAN TIDAK DI PANTI WREDHA DHARMA BHAKTI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (607Kb)

    Abstract

    Hendri Setiawan, G0013110, 2017. Perbedaan Tingkat Kecemasan dan Depresi Lansia yang Melakukan Senam Lansia dan Tidakdi Panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta.Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Latar Belakang: Kecemasan dan depresi merupakan masalah mental yang banyak terjadi pada lanjut usia(lansia). Hal tersebut dikarenakan lanjut usia adalah usia yang paling rentan terjadinya kecemasan dan depresi dibandingkan remaja, dewasa maupun anak-anak. Kecemasan dan depresi pada lansia harus diwaspadai dan dideteksi sedini mungkin karena dapat mempengaruhi perjalanan penyakit fisik dan kualitas hidup.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan tingkat kecemasan dan depresi lansia yang melakukan senam lansia dan tidak melakukan senam lansia Metode Penelitian:Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik. Studi penelitian yang dilakukan adalah cross sectional.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling.Variabel bebas yaitu senam lansia.Variabel terikat tingkat kecemasan dan tingkat depresi. Peneliti memilih sampel berdasarkan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi, dengan jumlah 63 orang. Responden mengisi profil biodata diri, kuisoner Lie Minnesota Multiphasic Personality Inventory(L-MMPI), dan kuisioner Taylor Manifest Anxiety Scale (TMAS) dan kuesioner Beck Depression Inventory(BDI). Setelah diperoleh data dan skor skala interval terjadinya kecemasan dan depresi akan dilakukan analisis data menggunakan menggunakan uji statistik independent T test dan Mann-Whitney Tes melalui program SPSS 22.00 for Windows Hasil Penelitian: Terdapat lansia sesuai dengan kriteria adalah 30 orang tidak rutin melakukan senam lansia dan 33 orang yang rutin melakukan senam lansia. Pada rerata usia kelompok tidak rutin senam sebesar 74,30±4,36 dan kelompok rutin mengikuti senam sebesar 65,82±4,93. Sehingga total sampel sebesar 63 orang dengan usia rerata 69,86±6,30. Seluruh sampel dimasukkan dalam analisis data. Hasil analisis uji T-test pada variabel TMAS (kecemasan) menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna (p=0.000<0.05) dan pada analisis Mann-Whitney pada variabel depresi menunjukan adanya perbedaan yang bermakna (p=0.021<0.05) antara kedua kelompok tersebut. Lansia yang mengikuti senam mempunyai nilai TMAS dan BDI lebih rendah dibanding dengan lansia yang tidak mengikuti senam. Simpulan Penelitian:Terdapat perbedaan yang bermakna tingkat kecemasan dan depresi antara lansia yang mengikuti senam dengan lansia yang tidak mengikuti senam. Kata Kunci: Kecemasan, Depresi, Senam Lansia.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 09 Sep 2017 09:54
    Last Modified: 09 Sep 2017 09:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34547

    Actions (login required)

    View Item