Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dan Parenting Attachment dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Kedokteran FK UNS

M, Adiptya Cahya (2017) Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dan Parenting Attachment dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Kedokteran FK UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (155Kb)

    Abstract

    Adiptya Cahya Mahendra, G0011004, 2014. Hubungan antara Tingkat Kecemasan dan Parenting Attachment dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Kedokteran FK UNS. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Latar Belakang: Kecemasan pada seseorang tidak hanya mempengaruhi pikiran dan persepsi, tetapi juga mempengaruhi proses belajar, sebab kecemasan cenderung menghasilkan kebingungan dan distorsi persepsi. Seseorang yang memiliki kelekatan yang baik dengan orang tuanya akan memberikan dampak positif salah satunya dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan intelektual dan kemampuan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dengan prestasi belajar, parenting attachment dengan prestasi belajar, dan tingkat kecemasan dan parenting attachment dengan prestasi belajar. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Penelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret dengan sampel sebanyak 59 mahasiswa. Variabel bebas penelitian ini adalah kecemasan dan kelekatan orang tua (parenting attachment). Tingkat kecemasan dan pola kelekatan diukur menggunakan media kuesioner. Variabel terikat penelitian ini adalah prestasi belajar (IPK). Data yang didapat diuji dengan analisis regresi linear ganda. Hasil Penelitian: Uji korelasi secara parsial didapatkan tingkat kecemasan mempunyai hubungan yang bermakna dengan prestasi belajar sebesar -37,9%, parenting attachment mempunyai hubungan yang bermakna dengan prestasi belajar sebesar 36,6%. Sedangkan hasil untuk uji regresi linear ganda mempunyai nilai korelasi sebesar 23,8%. Simpulan Penelitian: Terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi belajar, parenting attachment dengan prestasi belajar, serta tingkat kecemasan dan parenting attachment dengan prestasi belajar. Kata Kunci: Tingkat kecemasan, parenting attachment, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 07 Sep 2017 18:44
    Last Modified: 07 Sep 2017 18:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34506

    Actions (login required)

    View Item