Prosedur Pelaksanaan Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Solo

NP, NAYAMAURA (2017) Prosedur Pelaksanaan Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Solo. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (690Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nayamaura Nuansa Putri, D1514068, 1CPROSEDUR PELAKSANAAN LAYANAN KEUANGAN TANPA KANTOR DALAM RANGKA KEUANGAN INKLUSIF (LAKU PANDAI) DI KANTOR OTORITAS JASA KEUANGAN SOLO 1D, Tugas Akhir, Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, 2017, 79 halaman Laku Pandai adalah program yang dicanangkan Otoritas Jasa Keuangan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan memperluas akses layanan jasa keuangan melalui kerjasama dengan pihak lain (agen bank) dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi. Program ini merupakan solusi dalam peningkatan Keuangan Inklusif dimana masyarakat yang tinggal di daerah yang sulit dijangkau dapat dengan mudah mendapatkan dan memanfaatkan layanan jasa keuangan. Tujuan pengamatan yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui bagaimana Prosedur Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Solo. Landasan teori yang digunakan penulis dalam pengamatan ini berupa buku, makalah, jurnal, peraturan, undang-undang, internet, dan sumber-sumber lain yang dapat mendukung materi penulis. Metode pengamatan yang digunakan dalam pengerjaan Tugas Akhir ini menggunakan metode Observasi berperan aktif karena pengamat mengamati langsung dan berpartisipasi dalam kegiatan magang selama 30 hari di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Solo. Hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Solo, berikut adalah Prosedur Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Solo, tahap pertama adalah Pemenuhan persyaratan Bank Penyelenggara Laku Pandai, setelah persyaratan sudah terpenuhi melakukan Pengajuan permohonan menjadi Bank Penyelenggara Laku Pandai, semua persyaratan dan pengajuan permohonan di setujui oleh Otoritas Jasa Keuangan. Selanjutnya Pemenuhan persyaratan Agen Laku Pandai, Perekrutan dan Uji Tuntas kepada Calon Agen Laku Pandai. Agen Laku Pandai telah terpilih selanjutnya diadakannya Pelaksanaan pelatihan dan edukasi kepada Agen serta penerbitan Dokumen penunjukkan dan Tanda Pengenal Agen Laku Pandai. Setelah itu dilaksanakannya Kegiatan Program oleh Agen kepada Nasabah. Tahap terakhir bagi Bank Penyelenggara untuk Melaporan Realisasi Penyelenggaraan Laku Pandai kepada Otoritas Jasa Keuangan. Saran dari hasil pengamatan ini diharapkan Otoritas Jasa Keuangan Solo akan terus meningkatkan sosialisasi mengenai Laku Pandai bukan hanya kepada Bank, Agen, dan Nasabah, tetapi juga ke masyarakat luas agar ikut serta di Program Laku Pandai dalam rangka Keuangan Inklusif.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 07 Sep 2017 14:25
    Last Modified: 07 Sep 2017 14:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34500

    Actions (login required)

    View Item