EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS V DI SLB ABC TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

Asrony, Ivan (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS V DI SLB ABC TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (889Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ivan Asrony. K5113047. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB ABC TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Tunagrahita kelas V di SLB ABC Tawangsari Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-experimental berbentuk one group pretest-posttest design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas V di SLB ABC Tawangsari tahun ajaran 2016/2017. Sampel berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 1 siswi perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes menjodohkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis non-parametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Rangking Bertanda Wilcoxon) dengan menggunakan program SPSS 23. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS 23, nilai rata-rata posttest subyek penelitian mengalami peningkatan. Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata posttest lebih besar daripada nilai pretest yaitu 40.00 menjadi 66.66. Hasil analisis non parametrik diperoleh nilai Z hitung = -2.271 dengan Asymp. Sig (2-tailed) = 0.027 pada taraf signifikansi (α) 5%. Dengan demikian hipotesis berbunyi model pembelajaran make a match efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa tunagrahita kelas V di SLB ABC Tawangsari tahun ajaran 2016/2017 dapat diterima kebenarannya. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran make a match efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa tunagrahita kelas V di SLB ABC Tawangsari tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: Efektivitas, Model pembelajaran make a match, prestasi belajar matematika, siswa tunagrahita.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 07 Sep 2017 09:25
    Last Modified: 07 Sep 2017 09:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34492

    Actions (login required)

    View Item