Perubahan Proses Argumentasi Siswa Kelas XI MIPA SMA melalui Dialog Socrates

Pangestika, Intan Widya (2017) Perubahan Proses Argumentasi Siswa Kelas XI MIPA SMA melalui Dialog Socrates. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (659Kb)

    Abstract

    Intan Widya Pangestika. K4313039. PERUBAHAN PROSES ARGUMENTASI SISWA KELAS XI MIPA SMA MELALUI DIALOG SOCRAES. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2017. Penelitian bertujuan untuk (1) melakukan perubahan proses argumentasi siswa kelas XI MIPA SMA melalui penelitian tindakan kelas dengan metode Dialog Socrates; dan (2) mengetahui perubahan proses argumentasi siswa kelas XI MIPA SMA setelah penelitian tindakan kelas dengan metode Dialog Socrates. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan penerapan Dialog Socrates. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Surakarta yang dipilih secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan merekam dialog dan argumen siswa saat penelitian, penulisan reflective diary guru, pelaksanaan tes kognitif, penyebaran kuesioner, dan wawancara kepada siswa. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif untuk transkrip dialog menggunakan Pola Argumentasi Toulmin. Analisis kuantitatif untuk hasil belajar siswa menggunakan rubrik penilaian guru. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya perubahan proses argumentasi lisan secara bertahap, siswa berargumen menggunakan pola claim, data, warrant, backing, dan rebuttal di akhir siklus penelitian. Hasil belajar siswa (nilai ulangan dan laporan praktikum) beserta nilai setiap grup pengelompokkan bersifat fluktuatif, dikarenakan sulitnya materi yang dipelajari. Hasil perhitungan data kuesioner menunjukkan tingkat kepuasan siswa terhadap pembelajaran tinggi, yaitu tidak ada persentase skor di bawah 70%. Hasil wawancara dengan siswa menyebutkan bahwa siswa menjadi lebih argumentatif dalam pembelajaran setelah penerapan Dialog Socrates. Perubahan proses argumentasi lisan siswa tidak terlepas dari penelitian tindakan dengan metode Dialog Socrates. Keterbatasan penelitian ini adalah kurangnya penerapan pembelajaran inquiry, sehingga PTK lanjutan dengan penerapan dialog dan pembelajaran inquiry untuk memberdayakan proses argumentasi siswa sangat direkomendasikan. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Dialog Socrates, Argumentasi, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 07 Sep 2017 09:19
    Last Modified: 07 Sep 2017 09:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34489

    Actions (login required)

    View Item