STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI POKOK GERAK ROTASI DAN REVOLUSI BUMI KELAS X SMA NEGERI 1 COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

R, Indri Yuniar (2017) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI POKOK GERAK ROTASI DAN REVOLUSI BUMI KELAS X SMA NEGERI 1 COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2157Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Indri Yuniar Rachmawati. K5412035. STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI POKOK GERAK ROTASI DAN REVOLUSI BUMI KELAS X SMA NEGERI 1 COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team, Numbered Head Together (NHT) dan Diskusi. 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team dan Diskusi. 3) Mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Diskusi. 4) Mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team dan Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen desain “Postest-Only Control Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Colomadu, Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X IPS 1, IPS 2 dan IPS 3. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian Satu Jalan (One Way Anava) dan uji pasca anava (Metode Scheffe’) dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan hasil belajar Geografi antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team, Numbered Head Together (NHT) dan Diskusi pada materi pokok Gerak Rotasi dan Revolusi Bumi peserta didik kelas X. 2) Hasil belajar Geografi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team lebih baik daripada hasil belajar Geografi yang menggunakan metode Diskusi. 3) Hasil belajar Geografi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih baik daripada hasil belajar Geografi menggunakan metode pembelajaran Diskusi. 4) Hasil belajar Geografi menggunakan metode model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team lebih baik daripada hasil belajar Geografi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Ketiga metode pembelajaran tersebut mempunyai kualitas yang berbeda, metode pembelajaran yang memiliki pengaruh paling besar adalah model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team, disusul model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan metode pembelajaran Diskusi. Kata Kunci : Listening Team, Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 07 Sep 2017 09:16
    Last Modified: 07 Sep 2017 09:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34488

    Actions (login required)

    View Item