PROSEDUR PELAYANAN PENERBITAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) USAHA PERORANGAN TOKO PENJUALAN BARANG DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPM DAN PTSP) KABUPATEN SUKOHARJO

M, Ika Dewi (2017) PROSEDUR PELAYANAN PENERBITAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) USAHA PERORANGAN TOKO PENJUALAN BARANG DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPM DAN PTSP) KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (389Kb)

    Abstract

    ABSTRAK IKA DEWI MERHANINGSIH, D1514051, “PROSEDUR PELAYANAN PENERBITAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) USAHA PERORANGAN TOKO PENJUALAN BARANG DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPM DAN PTSP) KABUPATEN SUKOHARJO”, Tugas Akhir, Program Diploma III Manajemen Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Tahun 2017. 61 Halaman. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM dan PTSP) Kabupaten Sukoharjo merupakan suatu instansi daerah yang menangani pelayanan perizinan di Kabupaten Sukoharjo. Pelayanan perizinan yang ada di DPM dan PTSP diantaranya adalah pelayanan penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) usaha perorangan toko penjualan barang. Tujuan dari pembuatan izin usaha ini adalah agar penempatan usaha dilakukan dengan benar, tercapainya bentuk usaha yang legal dan terpercaya serta bisa digunakan sebagai alat bukti yang sah dalam perizinan suatu usaha perdagangan. Meskipun demikian di wilayah Kabupaten Sukoharjo masih sering dijumpai toko penjualan barang yang belum memiliki suatu izin usaha namun sudah beroperasi. Pengamatan ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara mendalam terkait dengan prosedur pelayanan penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) usaha perorangan toko penjualan barang di DPM dan PTSP Kabupaten Sukoharjo. Pengamatan ini menggunakan metode deskriptif kwalitatif yaitu mendiskripsikan prosedur pelayanan penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) usaha perorangan toko penjualan barang di DPM dan PTSP Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan narasumber yang terpercaya dan sesuai dengan masalah yang akan diamati, observasi dan mengkaji dokumen serta arsip yang berkaitan dengan prosedur pelayanan penerbitan SIUP usaha perorangan toko penjualan barang. Dari hasil pengamatan yang dilakukan penulis diketahui bahwa berkas persyaratan permohonan SIUP usaha perorangan toko penjualan barang di DPM dan PTSP Kabupaten Sukoharjo diantaranya adalah : fotocopy KTP pemilik usaha perdagangan, fotocopy NPWP usaha/perusahaan, surat pengantar dari lurah dimana tempat kedudukan usaha yang diketahui oleh Camat setempat, foto pemilik usaha ukuran 3x4=2 lembar, fotocopy Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan Hidup (SPPLH). Dengan prosedur pelayanan sebagai berikut :1)konsultasi perizinan oleh pemohon, 2)pendaftaran dan pengajuan berkas, 3)pengolahan data pemohon, 4)Pembuatan draft izin, 5)penandatanganan Surat Keputusan (SK) /Izin, 6)Penyerahan surat SK/izin kepada pihak pemohon. Dalam melaksanakan prosedur pelayanan penerbitan SIUP usaha perorangan toko penjualan barang, berpedoman pada Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 6 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Perizinan. Kata Kunci : Prosedur, SIUP, Usaha Perorangan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 07 Sep 2017 09:04
    Last Modified: 07 Sep 2017 09:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34485

    Actions (login required)

    View Item