Learning Strategies and Motivation of Autonomous Learners

L, Hisyam Nur Ahmad (2017) Learning Strategies and Motivation of Autonomous Learners. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (764Kb)

    Abstract

    Hisyam Nur Ahmad Latif. STRATEGI BELAJAR DAN MOTIVASI DARI PEMBELAJAR OTONOMI (STUDI KASUS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET TAHUN AJARAN 2016/2017). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Maret, 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menginvestigasi strategi belajar pembelajar otonomi; dan (2) menginvestigasi motivasi belajar pembelajar otonomi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2016 di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner, interview dan observasi teman sejawat. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif yang meliputi reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian, bisa disimpulkan bahwa: (1) Semua siswa menggunakan semua strategi belajar dalam klasifikasi strategi belajar oleh Oxford yang meliputi strategi mengingat, strategi kognitif, strategi metakognitif, strategi kompensasi, strategi afektif, dan strategi sosial. Dalam mengingat, mereka mengelompokkan kata, menggunakan konteks, dan mereview kata. Dalam strategi kognitif, mereka menganalisa dan menalar, mempraktekkan, dan menciptakan struktur masukan dan keluaran dalam bahasa Inggris. Dalam strategi kompensasi, mereka menebak arti kata berdasarkan konteks, parafrase, dan mengubah bahasa yang mereka gunakan. Dalam strategi meta kognitif, mereka merencanakan dan memonitor proses belajar mereka. Dalam aspek afektif, mereka mempersiapkan diri untuk menghindari gugup dan mengganti aktivitas mereka, mengaplikasikan konsep ‘hadiah-hukuman’ untuk menghindari kebosanan dan mendorong motivasi mereka. Dalam strategi sosial, mereka mengklarifikasi masalah dan memverifikasi jawaban kepada dosen atau teman mereka. (2) Motivasi belajar siswa menunjukkan motivasi internal yang tinggi. Semua siswa termotivasi secara internal untuk belajar. Mereka belajar bahasa Inggris lebih karena ketertarikan secara internal daripada eksternal. Mereka belajar bahasa Inggris karena itu menyenangkan. Mereka tidak merasa tertekan atau terpaksa untuk belajar bahasa Inggris Pembelajaran otonomi dipandang sebagai salah satu cara untuk mendorong siswa agar sukses dalam belajar. Pendekatan kepada pembelajaran tersebut dapat dicapai dengan cara mendorong siswa menggunakan strategi belajar dan motivasi secara maksimal. Dengan begitu, dorongan untuk penggunaan strategi belajar dan motivasi diharapkan akan membantu siswa untuk menjadi pembelajar yang efektif dan sukses. Kata kunci: Pembelajar otonomi, strategi belajar, motivasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 07 Sep 2017 06:59
    Last Modified: 07 Sep 2017 06:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34482

    Actions (login required)

    View Item