SELF-MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS X PONDOK PESANTREN AN-NUR REMBANG TAHUN AJARAN 2016/2017

HAQ, MUHAMAD DANIVUL (2017) SELF-MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS X PONDOK PESANTREN AN-NUR REMBANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (377Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muhamad Danivul Haq. K3111041. SELF-MANAGEMENT UNTUK MERE-DUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS X PONDOK PESANTREN AN-NUR REMBANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan teknik self-management untuk mereduksi prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas X Pondok Pesantren An-Nur Rembang tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Quasi Eksperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian masing-masing kelompok terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket interaksi sosial. Analisis data menggunakan Uji Mann Whitney dengan bantuan IBM SPSS Statistic 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari uji Mann Whitney adalah 0,003 dengan signifikansi sebesar 0,05 sehingga 0,003 < 0,05. Jadi terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen yang telah diberikan treatment berupa teknik self-management dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment. terdapat perbedaan antara nilai pretest dengan nilai posttest kelompok eksperimen setelah diberikan treatment berupa teknik self-management. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan teknik self-management efektif untuk mereduksi prokrastinasi akademik peserta didik kelas X Pondok Pesantren An-Nur Rembang tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : Self-management, Mereduksi, Prokrastinasi Akademik. ABSTRACT Muhamad Danivul Haq. K3110411. SELF MANAGEMENT TO REDUCE THE ACADEMIC PROCRASTINATION ON FIRST YEAR STUDENT OF AN-NUR REMBANG ISLAMIC BOARDING SCHOOL ON 2016/2017 ACADEMIC YEAR. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta. April 2017. The aim of this research is to test the effectiveness of self management technique to reduce the academic procrastination on first year student of an-nur rembang islamic boarding school on 2016/2017 academic year. This research is an experimental research Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design plan which consist of experiment group an control group. The research subject each group consist of 10 student. Data collection using social interaction form. Data analysis using Man Whitney test wit IBM SPSS Statistic 23 help. The analysis result show that from Mann Whitney is 0,003 with 0.05 significance, so 0,003 < 0,05. There is a difference between experiment group which given self management technique treatment and control group which not given treatment, there is difference between pretest score and posttest score of experiment group after given self management technique treatment The conclution of this research is that self management technique is affective to reduse the academic procrastination on first year student of an-nur rembang islamic boarding school on 2016/2017 academic year. Keywords: Self management, Reduce, Academic Procrastination.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 07 Sep 2017 02:36
    Last Modified: 07 Sep 2017 02:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34479

    Actions (login required)

    View Item