EVALUASI FUNGSI ANGGARAN DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN WONOGIRI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN DALAM MENGATASI MASALAH KETENAGAKERJAAN

R, MAGISMITA M (2017) EVALUASI FUNGSI ANGGARAN DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN WONOGIRI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN DALAM MENGATASI MASALAH KETENAGAKERJAAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (872Kb)

    Abstract

    Penyusunan anggaran memiliki peranan penting dalam sebuah organisasi. Anggaran berguna untuk merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan dan untuk mengetahui dana yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut. Oleh karena itu, anggaran berfungsi sebagai alat pengendalian. Penelitian ini dilakukan di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Wonogiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah fungsi anggaran sebagai alat pengendalian telah dilaksanakan secara efektif dan efisien sehingga dapat menurunkan masalah pengangguran. Dalam penelitian ini penulis membandingkan realisasi anggaran 4 (empat) program penanganan pengangguran pada tahun 2013-2015. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa realisasi anggaran Disnaker Kabupaten Wonogiri mengalami kenaikan pada tahun 2014 sebesar 0,93% dan penurunan sebesar 16,39% pada tahun 2015. Kinerja terbaik dalam menurunkan tingkat pengangguran terjadi pada tahun 2014 dengan presentase realisasi sebesar 95,76% dan jumlah pengangguran menurun sebanyak 1.020 jiwa. Secara keseluruhan Disnaker Kabupaten Wonogiri harus lebih meningkatkan kinerja dengan memaksimalkan anggaran sehingga masalah pengangguran dapat segera teratasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 07 Sep 2017 01:23
    Last Modified: 07 Sep 2017 01:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34470

    Actions (login required)

    View Item