WACANA KEMENANGAN OBAMA DALAM PILPRES AS 2008 (Analisis Wacana Opini Kemenangan Obama dalam Pilpres Amerika 2008 di Rubrik Opini Harian Jawa Pos periode5 November 2008 –5 Januari 2009)

HIDAYAT, HARY PURNOMO (2009) WACANA KEMENANGAN OBAMA DALAM PILPRES AS 2008 (Analisis Wacana Opini Kemenangan Obama dalam Pilpres Amerika 2008 di Rubrik Opini Harian Jawa Pos periode5 November 2008 –5 Januari 2009). Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (802Kb)

    Abstract

    Setelah melewati proses panjang,BarrackHusein Obama Jr, capresdari Partai Demokrat berhasil terpilihmenjadiPresiden Amerika Serikat ke-44. Obama mampu mengalahkan saingan terberatnya, John McCain jagoan dari Partai Republik. Dalam konteks politik AS, kemenangan Obama menjadi nilai tersendiri karena untuk pertama kalinya Negeri Paman Sam tersebut memiliki presiden kulit hitam. Tema-tema kampanyenya yang identik dengan semangat perubahan sekaligus koreksi-konstruktif terhadap kebijakan Bush, membuat public AS dan masyarakat dunia menaruh harapan besar kepadanya. Tidak heran, begitu Obama terpilih seluruh masyarakat dunia diliputi semangat euphoria yang begitu tinggi akan datangnya sebuah harapan dan perubahan fundamental. Tidak terkecuali bagi Indonesia. Sejak kemunculan hingga kemenangan Obama, public dan media massa Indonesia memberi perhatian lebih, pada sosok (Obama) yang pernah tinggal dan mengenyam pendidikan dasar di daerah Menteng, Jakarta. Oleh sebab itu melalui metode deskriptif-kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wacana apa yang ingin dikemukakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya para penulis artikel opini di Harian Jawa Pos berkaitan dengan kemenangan Obama. Penelitian ini memakai metode analisis wacana kognisi sosial Van Dijkyang terdiri dari analisis struktur teks, kognisi penulis dan konteks social. Namun penulis hanya menggunakan dua analisis yakni analisis struktur teks dan analisis konteks. Dari hasil analisis struktur teks, penulis menyimpulkan bahwa para penulis artikel opini memberi apresiasi dan melakukan konstruksi positif terhadap kemenangan Obama. Apresiasi dan konstruksi positif ini berkaitan dengan tema kampanye yang identik dengan semangat perubahan, strategi kampanye maupun sikap dan perilaku yang diperlihatkan Obama selama kampanye Pilpres. Wacana positif yang kemudian muncul, pertama; harapan perubahan dengan terpilihnya Obama. Kedua; wacana tentang pembelajaran yang dapat dipetik dari langkah, strategi ataupun sikap yang diperlihatkan oleh Obama selama pilpres Amerika berlangsung. Sementara melalui hasil analisis konteks disimpulkan bahwa adanya konstruksi positif tersebut disebabkan kemenangan Obama yang dianggap fenomenal serta adanya distrust dan mistrust public terhadap kepemimpinan Bush.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Yudha Adhitya
    Date Deposited: 13 Jul 2013 22:40
    Last Modified: 13 Jul 2013 22:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3447

    Actions (login required)

    View Item