Keefektifan Konseling Kelompok dengan Teknik Selftalk untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Peserta Didik SMA Islamic Boarding School (IBS) MTA Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017

Fadhilah, Latifah Nur (2017) Keefektifan Konseling Kelompok dengan Teknik Selftalk untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Peserta Didik SMA Islamic Boarding School (IBS) MTA Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (162Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Latifah Nur Fadhilah. K3113036. KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELFTALK UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL PESERTA DIDIK SMA ISLAMIC BOARDING SCHOOL (IBS) MTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok dengan teknik selftalk untuk meningkatkan penyesuaian sosial peserta didik SMA Islamic Boarding School (IBS) MTA Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan metode pra-eksperimen dengan rancangan one grup pretest posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 14 peserta didik dengan skor pretest rendah. Pada pelaksanaan treatment konseling kelompok, subjek penelitian terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok A dan kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala penyesuaian sosial yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Wilcoxon dengan menggunakan aplikasi SPSS 20. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat diketahui bahwa ada kenaikan skor antara sebelum dan sesudah pemberian treatment. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon menunjukkan Asymp Sig adalah 0,001 < 0,05, artinya Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik selftalk efektif untuk meningkatkan penyesuaian sosial peserta didik SMA Islamic Boarding School (IBS) MTA surakarta tahun ajaran 2016/ 2017. Kata Kunci: konseling kelompok, selftalk, penyesuaian sosial ABSTRACT Latifah Nur Fadhilah. K3113036. THE EFFECTIVENESS OF GROUP COUNSELING BY SELFTALK TECHNIQUE TO IMPROVE THE SOCIAL ADJUSTMENT HIGH SCHOOL STUDENTS AT MTA ISLAMIC BOARDING SCHOOL (IBS) SURAKARTA ACADEMIC YEAR 2016/2017. Thesis, Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University Surakarta. April 2017. The aim of this research was to know the effectiveness of group counseling by selftalk technique to improve the social adjustment high school students at MTA Islamic Boarding School (IBS) Surakarta academic year 2016/2017. This research was an experimental research by using pre-experimental method with the plan one group pretest posttest design. The subjects of this research were 14 students who had low score of their pretest. On the implementation of group counseling treatment, the subjects were divided into two groups, those were group A and group B. The technique of the data accumulation was through scale of social adjustment that have tested of its validity and reliability. The data analysis in this research was using Wilcoxon test by using application SPSS 20. Based on the result of hypothesis test, it could be known that there were a rise score between before and after giving the treatment. The result of the data analysis by using Wilcoxon was indicate Asymp Sig 0.001 < 0.05, it means that Ha was received. Conclusion of this research was selftalk technique effective to improve the social adjustment high school students at MTA Islamic Boarding School (IBS) Surakarta academic year 2016/2017. Keywords: group counseling, selftalk, social adjustment

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 07 Sep 2017 00:53
    Last Modified: 07 Sep 2017 01:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34463

    Actions (login required)

    View Item