SITUS PERIKLANAN DI KALANGAN PENGIKLAN (STUDI USES AND GRATIFICATION TERHADAP ADWEEK.COM DI KALANGAN PENGIKLAN ARCADE AGENCY INDONESIA)

Karisma, Ganang Surya (2017) SITUS PERIKLANAN DI KALANGAN PENGIKLAN (STUDI USES AND GRATIFICATION TERHADAP ADWEEK.COM DI KALANGAN PENGIKLAN ARCADE AGENCY INDONESIA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2066Kb)

    Abstract

    Ganang Surya Karisma. D0213043. SITUS PERIKLANAN DI KALANGAN PENGIKLAN (Studi Uses and Gratification Terhadap Adweek.com di Kalangan Pengiklan Arcade Agency Indonesia). Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta, 2017. Semakin berkembangnya zaman, berkembang media massa dengan konten tertentu untuk ceruk pasar tertentu. Dalam penelitian ini yaitu Adweek.com yang menyajikan konten berita khusus seputar periklanan dan pemasaran menarik untuk diteliti. Produk yang ditawarkan mereka dikhususkan untuk para pengiklan dan pemasar. Tak dapat dipungkiri, para pemasar dan pengiklan membutuhkan informasi sesuai dengan apa yang digelutinya. Penelitian ini akan mengidentifikasi motif-motif atau alasan mengapa pengiklan menggunakan Adweek.com dan bagaimana motif-motif tersebut terpuaskan. Arcade Agency Indonesia merupakan salah satu agensi periklanan yang anggotanya menggunakan situs Adweek.com. Mereka menggunakan situs tersebut karena motif-motif tertentu untuk memenuhi kebutuhannya sebagai seorang pengiklan. Penelitian ini mengacu pada pendekatan Uses and Gratification, sebuah pendekatan yang mengaggap bahwa khalayak memiliki motif-motif tertentu dalam menggunakan media sehingga media berusaha memenuhi motif-motif khalayak tersebut. Jika motif-motif atau kebutuhan-kebutuhan khalayak terpuaskan, media berhasil dan ada kemungkinan besar khalayak akan melakukan kunjungan kembali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan teknik analisa uji-t berpasangan. Survey kuesioner dilakukan kepada 35 responden. Adapun mereka merupakan anggota Arcade Agency Indonesia yang berpartisipasi dalam pembuatan iklan dari berbagai posisi dan pernah menggunakan Adweek.com. Terdapat 12 motif pengiklan dalam menggunakan Adweek.com, semua motif tersebut berhasil dipenuhi kepuasannya oleh Adweek.com. Motif mencari berita terbaru seputar periklanan, karena kemudahan akses, dan untuk mencari inspirasi ide, menjadi tiga motif yang paling banyak dicari oleh pengiklan dalam menggunakan Adweek.com. Kata kunci: uses and gratification, motif, kepuasan, penggunaan, media, periklanan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 06 Sep 2017 16:40
    Last Modified: 06 Sep 2017 16:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34454

    Actions (login required)

    View Item