PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA

P, KARTINI MUTIARA (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1183Kb)

    Abstract

    Kartini Mutiara Pertiwi. 1CPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Rendeng Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016) 1D. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sifat dan perubahan wujud benda melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL)pada siswa kelas IV SD Negeri Rendeng Gebang Purworejo tahun ajaran 2015/2016 Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Rendeng Gebang Purworejo yang berjumlah 20 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriftif komparatif dan model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas tes pemahaman konsep sifat dan perubahan wujud benda pada pratindakan adalah 60,4 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 50%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,5 dengan persentase 75%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 80,5 dengan persentase ketercapaian sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat dan perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SD Negeri Rendeng Gebang Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci:Problem Based Learning (PBL), sifat benda, perubahan wujud benda

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 06 Sep 2017 00:20
    Last Modified: 07 Sep 2017 01:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34442

    Actions (login required)

    View Item