Prosedur Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi Melalui e-Filing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta

Puspita, Diasti Tyas (2017) Prosedur Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi Melalui e-Filing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (696Kb)

    Abstract

    ABSTRAK DIASTI TYAS PUSPITA. D1514032. “PROSEDUR PELAPORAN SURAT PEMBERITAHUAN (SPT) TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI MELALUI E-FILING DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA YOGYAKARTA. Laporan Tugas Akhir, Program Studi Manajemen Administrasi Program Diploma III, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.2017. 100 halaman Prosedur Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi melalui e-Filing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta adalah salah satu terobosan yang terkait dengan sistem pelayanan perpajakan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk membantu Wajib Pajak dalam melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan yang dapat dilakukan secara online, dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak. Pengamatan dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta. Menggunakan jenis pengamatan Deskriptif Kualitatif dengan teknik observasi berperan aktif. Sumber data diperoleh dari narasumber (informan), tempat atau lokasi, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,observasi, mengkaji dokumen dan arsip. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa dalam prosedur pelaporan Surat Pemberitahuan melalui e-Filing Wajib Pajak harus memiliki NPWP, e-FIN dan alamat email aktif untuk registrasi akun Direktorat Jenderal Pajak Online. Sebelum digunakan nomor e-FIN diaktifkan terlebih dahulu dengan mengajukan permohonan aktivasi e-FIN ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan. Setelah memperoleh nomor e-FIN, memiliki alamat email aktif Wajib Pajak dapat melakukan registrasi akun Direktorat Jenderal Pajak Online pada website https://djponline.pajak.go.id. Langkah berikutnya adalah pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi sesuai dengan Formulir Bukti Potong setelah pengisian Surat Pemberitahuan selesai dan berhasil maka Surat Pemberitahuan (SPT) tersebut telah berhasil dilaporkan. Wajib Pajak akan menerima Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) melalui email pribadi Wajib Pajak. Pelaporan Surat Pemberitahuan melalui e-filing tidak terlepas dari kendala yang terjadi di lapangan yaitu seperti Website Direktorat Jenderal Pajak yang sering mengalami error, Jaringan Internet yang lambat, kurangnya pengetahuan Wajib Pajak mengenai e-Filing dan kurangnya pemahaman Wajib Pajak terhadap teknologi berbasis internet.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 04 Sep 2017 20:57
    Last Modified: 04 Sep 2017 20:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34422

    Actions (login required)

    View Item