Analisis Sentimen pada Review Produk Kosmetik Menggunakan Metode Multinomial Naive Bayes Dilengkapi Seleksi Fitur Information Gain

F, Diani Nur P (2017) Analisis Sentimen pada Review Produk Kosmetik Menggunakan Metode Multinomial Naive Bayes Dilengkapi Seleksi Fitur Information Gain. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (839Kb)

    Abstract

    Di Indonesia, terdapat media bernama femaledaily.com yang memiliki kolom khusus untuk review produk kosmetik. Review produk dapat membantu konsumen menyimpulkan kualitas produk. Beberapa cara untuk menyimpulkan kualitas produk adalah dengan mengklasifikasikan review dan menghitung polaritas sentimen yang menjadi bagian dari tujuan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akurasi klasifikasi menggunakan metode Multinomial Naïve Bayes (MNB) dilengkapi seleksi fitur Information Gain (IG) dan menganalisa polaritas sentimen masyarakat terhadap tujuh produk kosmetik populer pada Female Daily. Klasifikasi menggunakan MNB dan IG menghasilkan akurasi yang sebanding dengan akurasi klasifikasi hanya menggunakan MNB. Waktu eksekusi MNB-IG menurun separuh dari waktu eksekusi MNB. Hal ini terjadi karena IG menyebabkan berkurangnya dimensi data sehingga berpengaruh pada berkurangnya waktu yang diperlukan untuk klasifikasi. Hasil akurasi MNB-IG adalah 80,42% dan klasifikasi hanya menggunakan MNB adalah 82,17% dengan waktu eksekusi sekitar 4,7 detik untuk MNB-IG dan 9,51 detik untuk MNB. Polaritas sentimen masyarakat terhadap tujuh produk kosmetik memperlihatkan bahwa polaritas tertinggi dimiliki oleh Estee Lauder dengan polaritas positif sebesar 94,37%. Perangkingan polaritas ternyata memberikan hasil yang sebanding dengan perangkingan user rating dibuktikan dengan urutan polaritas dan urutan rating yang ternyata sama. Oleh karena itu, polaritas sentimen sebenarnya dapat diajukan kepada FemaleDaily untuk dijadikan alternatif yang lebih objektif dalam perankingan. Kata kunci: Analisis Sentimen, Information Gain, Multinomial Naïve Bayes, Produk Kosmetik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 04 Sep 2017 20:54
    Last Modified: 04 Sep 2017 20:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34421

    Actions (login required)

    View Item