Penerapan Teknik Bimbingan Kelompok dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Peserta didik Kelas V SDN Yosodipuro

Trisnawati, Dewi (2017) Penerapan Teknik Bimbingan Kelompok dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Peserta didik Kelas V SDN Yosodipuro. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (131Kb)

    Abstract

    Dewi Trisnawati. NIM S031502007. Penerapan Teknik Bimbingan Kelompok dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Peserta didik Kelas V SDN Yosodipuro ( Penelitian Tindakan Kelas pada SDN Yosodipuro Tahun Ajaran 2015/2016). Tesis, Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Univrsitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2016. ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep IPA dengan menggunakan teknik bimbingan kelompok; (2) mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah diajar menggunakan teknik bimbingan kelompok; (3) mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah diajar menggunakan teknik bimbingan kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus dimana setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu; plan, action, observe, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Yosodipuro tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 37 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan multy mixed method. Selanjutnya untuk mengukur motivasi belajar dalam penelitian ini menggunakan angket dan lembar observasi, sedangkan untuk mengukur pemahaman kosep menggunakan tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu Joint Display dimana dalam analisis tersebut menyajikan kedua kelompok data kualitatif dan kuantitatif yang telah dianalisis secara terpisah untuk memperdalam hasil analisis data . Hasil pengukuran motivasi terdapat dua kelompok data yaitu skor angket dan skor observasi dimana skor angket diketahui persentase motivasi tinggi siklus I sebesar 62,2%, siklus II 81,08%, dan siklus III 86,49%. Berdasaarkan hasil observasi motivasi belajar pada siklus I sebesar 64,87%, siklus II 78,38%, dan siklus III 83,79%. Hasil pengukuran pemahaman konsep peserta didik terdapat dua kelompok data yaitu nilai tes dan hasil wawancara. Dimana nilai tes yang memenuhi KKM pada siklus I sebesar 64,85%, siklus II 81,08%, dan siklus III 83,78%. Hasil wawancara memberikan penguatan pada hasil tes dimana peserta didik dengan nilai tinggi mampu memahami konsep peristiwa alam sedang peserta didik dengan nilai rendah belum mampu memahami konsep peristiwa alam. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep mata pelajaran IPA materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia pada kelas V SDN Yosodipuro 104 tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: pemahaman konsep, motivasi, penelitian tindakan kelas, bimbingan kelompok

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 04 Sep 2017 20:51
    Last Modified: 04 Sep 2017 20:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34420

    Actions (login required)

    View Item