Analisis Pengaruh Strategi Harga Dan Strategi Promosi Terhadap Market Share Samudera Shipping Line Ltd Di Semarang

Kurniawati, Desy (2017) Analisis Pengaruh Strategi Harga Dan Strategi Promosi Terhadap Market Share Samudera Shipping Line Ltd Di Semarang. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (45Kb)

    Abstract

    Transportasi dan logistik memiliki peran yang sangat vital dalam proses distribusi barang di pasar internasional. Kondisi ini tidak hanya memberikan peluang untuk memperluas pangsa pasar, tetapi juga memunculkan persaingan yang ketat bagi perusahaan domestik maupun internasional. Besarnya pangsa pasar (market share) berkaitan dengan strategi bauran pemasaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh strategi harga dan strategi promosi terhadap market share Samudera Shipping Line Ltd di Semarang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga dan biaya promosi (marketing cost). Obyek dari penelitian ini adalah Samudera Shipping Line Ltd cabang Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan data time series bulanan (monthly) dengan data cost freight of feeder Semarang-Singapura dan biaya promosi (marketing cost) dalam periode tahun 2013-2016. Alat analisis dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Pendekatan dengan analisis ini dianggap lebih sesuai untuk melihat pengaruh strategi harga dan strategi promosi terhadap market share perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi harga berpengaruh secara signifikan terhadap market share, yang dibuktikan dengan nilai koefisien regresi variabel harga yaitu -0.134167 dan signifikansi pada tingkat 5% yang ditunjukan dengan nilai probabilitas sebesar 0.0134. Sedangkan startegi promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap market share, yang dibuktikan dengan nilai koefisien regresi biaya promosi yaitu 0.004190, dan tidak signifikansi pada tingkat 5% yang ditunjukan dengan nilai probabilitas sebesar 0.2960. Kata kunci: Pangsa Pasar (Market Share), Strategi Harga, Strategi Promosi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 04 Sep 2017 19:11
    Last Modified: 04 Sep 2017 19:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34414

    Actions (login required)

    View Item