SIMULASI NUMERIK PENGARUH SUDUT KEMIRINGAN TERHADAP PENINGKATAN PERPINDAHAN PANAS PADA PENUKAR KALOR PIPA KONSENTRIK DENGAN LOUVERED STRIP INSERT

Anranto, Cahyo Fajar Budi (2017) SIMULASI NUMERIK PENGARUH SUDUT KEMIRINGAN TERHADAP PENINGKATAN PERPINDAHAN PANAS PADA PENUKAR KALOR PIPA KONSENTRIK DENGAN LOUVERED STRIP INSERT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1052Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sisipan louvered strip terhadap peningkatan perpindahan panas dan pola aliran pada penukar kalor pipa konsentrik. Penukar kalor memiliki dimensi panjang 2110 mm, diameter dalam dan luar pipa dalam 14,3 mm dan 15,8 mm serta diameter dalam dan luar pipa luar 23,4 mm dan 25,4 mm. Louvered strip berbentuk oval dengan panjang 10 mm, lebar 6 mm dan tebal 1 mm yang menempel pada pipa pejal dengan diameter 2 mm. Louvered strip disusun secara backward dengan variasi sudut kemiringan α = 15°, 20° dan 25°. Proses simulasi menggunakan software ANSYS Fluent dengan model turbulensi RNG k-ε. Model turbulensi RNG k-ε dipilih karena sesuai untuk pemodelan aliran yang berputar dengan bilangan Reynolds yang tidak terlalu tinggi. Fluida yang digunakan adalah air (incompressible) dengan mengabaikan pengaruh gravitasi serta diasumsikan dalam kondisi tunak. Penambahan louvered strip menyebabkan aliran fluida terganggu sehingga pola aliran yang terbentuk semakin turbulen. Semakin tinggi turbulensi menyebabkan perpindahan panas semakin meningkat. Hasil simulasi menunjukkan bahwa peningkatan perpindahan panas paling tinggi pada sudut kemiringan α = 25° dengan nilai bilangan Nusselt sebesar 340,95.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 03 Sep 2017 11:01
    Last Modified: 03 Sep 2017 11:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34405

    Actions (login required)

    View Item