PENGARUH ORIENTASI PASAR YANG DI MODERASI OLEH INTENSITAS PERSAINGAN DAN TIPE INOVASI PADA KINERJA INOVATIF DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA ORGANISASI (Studi Pada Industri Furniture di Solo Raya)

Haryanto, Aris Tri (2017) PENGARUH ORIENTASI PASAR YANG DI MODERASI OLEH INTENSITAS PERSAINGAN DAN TIPE INOVASI PADA KINERJA INOVATIF DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA ORGANISASI (Studi Pada Industri Furniture di Solo Raya). PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (98Kb)

    Abstract

    Pengaruh Orientasi Pasar dan Tipe Inovasi pada Kinerja Inovatif yang di Moderasi Oleh Intensitas Persaingan dan Dampaknya pada Kinerja Organisasi (Studi pada Industri Furniture di Solo Raya) Aris Tri Haryanto, Tulus Haryono, Hunik Sri Runing Sawitri Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Sebelas Maret Abstrak Industri furnitur merupakan salah satu industri berbasis kayu atau rotan yang memiliki potensi nilai tambah tinggi, mampu menyerap banyak tenaga kerja, serta memberikan kontribusi yang penting bagi perekonomian, baik dalam bentuk kontribusi pada PDB maupun dalam perolehan devisa. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah membangun model penelitian empirik dan konsep baru untuk mendorong peningkatan kinerja inovatif dan kinerja organisasi dalam perusahaan dengan menganalisis tiap hubungan variabel. Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai hypothesis testing dimana evaluasi keakuratan dari hipotesis yang telah ada sebelumnya dibuktikan melalui uji statistik. Unit analisis adalah organisasi yaitu manajer utama yang merupakan pucuk pimpinan yang mewakili perusahaan mebel di kawasan Solo Raya yang berskala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yaitu di Kota Surakarta, Sukoharjo, Boyolali, Karanganyar, Klaten, Sragen dan Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan mebel di kawasan Solo Raya yang berskala UMKM yang memenuhi kriteria tertentu yang disyaratkan dalam penelitian, yaitu perusahaan mebel di kawasan Solo Raya berskala UMKM yang telah berdiri lebih dari 3 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional sampling, dengan jumlah sampel berdasarkan jumlah parameternya, yaitu 49 x 5 = 245 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian disertasi ini orientasi pasar responsif berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja inovatif. Orientasi pasar proaktif berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja inovatif. Inovasi organisasional berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja inovatif. Inovasi proses berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja inovatif. Inovasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja inovatif. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja inovatif. Kinerja inovatif berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja organisasi. Intensitas persaingan memoderasi pengaruh orientasi pasar responsif dan orientasi pasar proaktif pada kinerja inovatif adalah positif dan signifikan. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa intensitas persaingan mampu memperkuat pengaruh orientasi pasar responsif dan orientasi pasar proaktif pada kinerja inovatif. Kata Kunci : Orientasi Pasar, Tipe Inovasi, Intensitas Persaingan, Kinerja Inovatif, Kinerja Organisasi

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Doktor
    Pasca Sarjana > Doktor > Ilmu Ekonomi - S3
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 03 Sep 2017 02:17
    Last Modified: 03 Sep 2017 02:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34401

    Actions (login required)

    View Item